Perizinan Belum, Sudah Curi Start

Satpol PP Sudah Segel Enam Tower

SEGEL TOWER. Satpol PP Kabupaten Ciamis menyegel tower seluler di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis karena perizinannya belum lengkap. Dari Agustus hingga Jumat (7/9), Satpol PP sudah menyegel enam menara seluler. (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Sejak Agustus hingga Jumat (7/9) tahun ini, Satpol PP Kabupaten Ciamis sudah menyegel enam tower. Alasannya, tower sudah didirikan saat izin-izinnya belum beres. Bahasa sederhananya: curi start.

“Makanya upaya kita melakukan penyegelan. Sementara pihak perusahaan harus melengkapi perizinan tersebut,“ ujar Kabid Penegakan Perundang-Undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Ciamis Yoyo Sutaryo di ruang kerjanya Jumat (7/9).

Terbaru, kata Yoyo, pihaknya menyegel tower di Kecamatan Sindangkasih. Izin pendirian tower tersebut belum beres. Sedangkan pem­bangunannya sudah dimulai.

Pada dasarnya, kata dia, penye­gelan tower-tower tersebut pertama atas dasar laporan masyarakat atau pemantauan dari monitor Satpol PP ke daerah-daerah.

Bila memang proses perizinannya tidak ada, makanya Satpol PP bertindak. Melakukan penyegelan.

Bila memang pihak perusahaan telah melengkapi izin, tentunya Satpol PP akan membuka segel tersebut.

“Toh kami juga barang tentu akan membuka segel tersebut. Tidak akan mempersulit bila memang perizinannya ada,” paparnya.

Yoyo meng­imbau pengusaha yang akan mem­bangun tower, mereka harus me­nempuh tahapan pembuatan per­izinan sebelum pembangunan.

Namun masalahnya, kata dia, selama ini kebanyakan pengusaha selalu mengedepankan pembangunan dibandingkan membuat perizinan dulu.

“Hal itu termasuk nakal. Sehingga izin dibelakangkan. Padahal kami imbau izin itu diutamakan,“ ungkapnya.

Pada dasarnya, kata dia, Satpol PP bila sudah menyegel tower, selalu mendorong pengusaha untuk melengkapi perizinan. Karena, pada dasarnya Satpol PP tidak melarang mendirikan tower, namun syaratnya sudah lengkap perizinannya.

Dia bersyukur selama ini perusahaan selalu men­dengarkan arahan dari Satpol PP agar mereka menempuh terus perizinan.

“Setelah terbit (izin) baru segel kita buka lagi. Beda lagi bila adanya penolakan di masyarakat bahwa (tower) harus bergeser di sana itu tentunya silahkan untuk mengkaji dan disesuaikan sesuai plan tata ruang serta benar-benar berkomunikasi dengan masyarakat dan tim teknis juga.

Namun upaya kami Satpol PP selalu tegas. Bila tidak izin langsung segel dan tidak boleh ada pekerjaan sebelum izin keluar,“ tegasnya. (isr)

loading...