Satria Muda SMK Satria Bakti Husada Kota Tasik Siap Tanding di Ajang Internasional

63
0
istimewa. SIAP BERTANDING. Anggota Pencak Silat Satria Muda dari SMK Satria Bakti Husada kompak dan berprestasi. Mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan Yogyakarta Internasional Championship.
istimewa. SIAP BERTANDING. Anggota Pencak Silat Satria Muda dari SMK Satria Bakti Husada kompak dan berprestasi. Mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan Yogyakarta Internasional Championship.

TASIK – Anggota Pencak Silat Satria Muda dari SMK Satria Bakti Husada (SBH) Tamansari Kota Tasikmalaya mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan Yogyakarta Internasional Championship dalam waktu dekat.

“Kita sedang mempersiapkan sebanyak 9 anggota yakni 6 perempuan dan 3 laki-laki untuk menghadapi pertandingan tersebut,” ujar Pelatih Pencak Silat Satria Muda SMK SBH Ilkham Ramdhani kepada Radar, Kamis (9/7).

Ilkham menyebutkan, anggotanya melaksanakan latihan sebanyak 4 kali dalam seminggu yakni Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu. Ia memfokuskan program latihan pada kekuatan fisik.

Pasalnya latihan fisik ini sangat penting bagi para atlet guna mengetahui sejauh mana kebugaran ataupun kondisi fisik mereka. Ia berharap dengan latihan fisik ini akan membuat kondisi dan persiapan para pesilat semakin baik.

Beberapa kali latihan fisik yang telah dilakukan ini, menurutnya akan memberi dampak positif bagi pesilat. Di antaranya melatih kekuatan, daya tahan, daya otot, kecepatan, daya lentur dan kelincahan.

“Saya berharap melalui program latihan fisik ini akan meningkatkan kebugaran para pemain sebelum terjun di area pertandingan. Kita optimis bisa memberikan penampilan yang maksimal,” kata dia.

Pembina Silat SMK SBH Mukhsy Arafah Sugandi menyebutkan keseluruhan anggota yang gabung di pencak silat mencapai 30 orang.

“Kita ingin mempertahankan budaya asli Indonesia, menambah prestasi, memajukan SMK SBH dan bisa menjaga diri,” ucapnya.

Belajar bela diri, kata dia, ternyata tidak hanya melatih fisik menjadi lebih kuat dan siap dalam menghadapi musuh sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun, bela diri juga dapat menjadi wadah membangun karakter seseorang. Terutama karakter untuk disiplin waktu, karakter untuk bertanggung jawab dan berfikir bertindak cepat setiap dihadapkan pada persoalan.

“Kami mengadakan pencak silat di sekolah, karena silat adalah budaya asli Indonesia,” ucapnya.

Lanjutnya, SMK Satria Bakti Husada telah berhasil mencetak banyak kejuaraan dalam berbagai pertandingan bela diri. Di antaranya mendapat 1 piala emas, 3 piala perak, 3  perunggu pada Unper Open Cup 1.

Selain itu mendapat 5 emas, 3 perak, 14 perunggu pada kegiatan Yogyakarta Championship dan mendapatkan piala  10 emas, 10 perak, 12 perunggu pada kegiatan Bandung Lautan Api Championship.

Selain itu piala 3 emas, 1 perak, 2 perunggu pada Unper Open Cup 2 dan piala 6 emas, 8 perak, 6 perunggu pada kegiatan Ban­dung Lautan Api Championship 2.

“Jika melihat dari hasil prestasi yang kami raih, Insya Allah kita siap dan akan mempersiapkan semuanya dari sekarang agar dapat berbicara banyak saat pertandingan nanti,” ucapnya. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.