Satu Suara Tentukan Pemimpin Masa Depan

20
Yudi Kustiadi

CIHIDEUNG – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tasikmalaya turut andil dalam menyukseskan Pemilu 2019. Mereka melaksanakan edukasi politik kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya Yudi Kustiadi meminta masyarakat tidak cuek menghadapi pemilu apalagi sampai golput. Pasalnya, satu suara turut menentukan siapa pemimpin dan wakil rakyat selanjutnya. “Semakin banyak partisipasi suara, maka semakin berkualitas,” ujar dia kepada Radar, Senin (15/4).

Kesbangpol pun berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai sosialisasi. Sebagaimana dilakukan pada 12–26 Februari lalu di mana Kesbangpol menyelenggarakan Sosialisasi dan Monitoring Pemilu di Aula Nusantara Kesbangpol. “Kita kumpulkan 12 organisasi sebagai sasaran sosialisasi kita,” kata dia.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan elemen lainnya supaya sosialisasi pemilu tidak tumpang tindih. Pemahaman pentingnya partisipasi pemilu harus merata. “Jadi yang sudah mendapatkan sosialisasi dari KPU tidak kita sertakan, kita sasar organisasi lainnya,” tutur dia.

Di setiap sosialisasi yang dilakukan, Kesbangpol tidak hanya menghadirkan pembicara dari KPU, tetapi juga dari Bawaslu. Bawaslu dilibatkan karena selain meningkatkan partisipasi, kualitas pengawasan pun sangat penting. “Jadi KPU memaparkan soal partisipasi suara dan Bawaslu soal pengawasannya,” ucapnya.

Dalam sosialisasi juga bukan hanya memberikan pemaparan saja, tapi disertai diskusi dua arah. Dengan begitu, tidak ada lagi kebingungan masyarakat dalam mengikuti pemilihan. “Karena pertanyaan mereka langsung dijawab oleh narasumber,” katanya. (rga/adv)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.