Satu Terbakar, Dua Rusak

10

CIAMIS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mencatat tiga bencana yang menimpa rumah warga di tiga kecamatan berbeda pada Kamis dan Jumat (29-30/11).

Peristiwa pertama pada Kamis (29/11) sekitar pukul 14.00, rumah milik Mulyadi (40) di Dusun Susuru RT 09 RW 06 Desa Indragiri Kecamatan Panawangan ambruk. Penyebabnya, rangka bangunan sudah lapuk dan tidak tahan diguyur hujan.

Di hari yang sama, sekitar pukul 16.00, rumah Warsah (50) di Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari rusak parah tertimpa pohon kapuk. Pohon besar ini roboh akibat diguyur hujan lebat disertai angin kencang.

Kejadian ketiga, pada Jumat (30/11) sekitar pukul 00.00, rumah milik Toha (51) di Gunungbangka RT 24 RW 08 Desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih terbakar. Diduga sumber api berasal dari tungku dapur yang tidak dimatikan. Sehingga merembet ke bangunan yang mudah terbakar. Akibatnya harta benda terbakar. Termasuk dua sepeda motor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis Ani Supiani ST MSi menerangkan semua bencana tersebut tidak menelan korban jiwa. Para korban sudah mengungsi ke tempat saudara masing-masing. “Kamis sudah memberikan bantuan berupa peralatan masak, selimut dan sembako kepada korban. Semoga bantuan bisa dimanfaatkan oleh mereka,” paparnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada di musim hujan ini. Bencana alam berupa banjir, longsor, angin puting beliung dan pergerakan tanah bisa terjadi kapan saja. Tidak bisa diduga. “Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan di saat musim hujan ini,” ujar dia. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.