Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

1.4%

83.5%

5%

0.5%

9.5%

Sawah Longsor Matikan Jalan

288
0
YANGGI F IRLANA/RADAR TASIKMALAYA LONGSOR. Jalan yang menghubungkan Desa Jayapura dan Desa Cigalontang tertimbun material longsor sepanjang 100 meter kemarin.

CIGALONTANG – Sawah terasering seluas 1,5 hektare di perbatasan Desa Jayapura dan Desa Cigalontang Kecamatan Cigalontang longsor menutupi badan jalan sepanjang 100 meter kemarin (10/10). Akibatnya jalur ini tidak bisa dilalui kendaraan.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya H EZ Alfian mengatakan sawah terasering setinggi 100 meter itu longsor sekitar pukul 01.00 pada Selasa (10/10). Akibatnya jalan penghubung Desa Jayapura dan Desa Cigalontang tertimbun tanah sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. “Longsoran ini tidak berdampak langsung kepada korban jiwa hanya menutupi jalan saja. Namun itu juga tidak sampai tertutup total karena masih ada akses jalan yang bisa dilalui,” terangnya.
BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengirimkan alat berat supaya material longsor bisa dikeruk dari badan jalan. Warga pun sudah bergotong royong membersihkan tanah yang ketebalannya bervariatif. Mulai dari 1-2 meter.
Menurut dia, dalam sehari di Kecamatan Cigalontang terjadi tiga kali longsor yang menutupi badan jalan. Di antaranya di Desa Jayapura, Cidugaleun dan Desa Nangtang.
Kapolsek Cigalontang Iptu Tudiman mengatakan untuk sementara jalan yang tertutup longsor itu tidak bisa dilalui. Namun warga Desa Cigalontang yang akan ke Desa Jayapura bisa melalui jalan Desa Pusparaja dan Puspamukti walaupun lokasinya cukup jauh. Ini sebagai alternatif agar masyarakat tidak terisolir.
Maka dari itu, dia mengimbau kepada semua masyatakat Cigalontang untuk lebih waspada dalam berkendara di tengah hujan besar. Apalagi Cigalontang merupakan daerah yang rawan longsor. “Kalau hujan diimbau jangan berkendara dulu, lebih baik berteduh dan menunggu hujan reda,” tandasnya. (yfi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.