Sayembara Logo Geopark Galunggung Tasikmalaya Banyak Peminat

299
0

KOTA TASIK – Sayembara pembuatan logo Geopark Galunggung Tasikmalaya ternyata banyak peminat. Dari 100 peserta yang ditargetkan panitia, jumlah peminat hingga ditutup Rabu (12/2) lalu mencapai 167 orang.

Asal peserta bahkan tidak hanya dari wilayah Jabar, tapi juga dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Medan, Sumut, hingga Bali dan Papua.

“Ini diluar dugaan kami. Sampai ada yang dari Papua ikut menjadi peserta,” ujar Ketua Panitia, Ato Rinanto dalam keterangan persnya kepada radartasikmalaya.com di sebuah rumah makan di Kota Tasikmalaya, Senin (17/2) siang.

Terang Ato, pendaftaran peserta ini ditutup 12 Februari dan saat ini memasuki tahapan seleksi yang akan dilakukan empat juri untuk menentukan lima terbaik.

“Dari 167 logo yang masuk, kami tidak mengetahui seperti apa kualitasnya. Termasuk apakah memenuhi kriteria logo yang sudah ditentukan. Yang jelas nanti juri menetapkan lima besar untuk dilombakan lagi dalam grand final,” terangnya.

Grand final, tambah dia, rencananya akan digelar 25 Februari nanti di sebuah hotel berbintang di Kota Tasikmalaya. Kelima finalis akan tampil mempresentasikan hasil karyanya dan menjawab pertanyaan juri. Satu pemenang akan mendapat hadiah uang tunai Rp 20 juta.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin, menuturkan, wilayah penataan geopark Galunggung meliputi 14 kecamatan, membentang mulai dari Kecamatan Sibgaparna hingga Pagerageung.

“Geoprak Galunggung yang dibangun berdasarkan Keppres tahun 2019 ini, targetnya tidak main-main. Yakni bisa menaikkan tingkat kunjungan ke kawasan wisata Gunung Galunggung dan sekitarnya hingga sepuluh kali lipat,” tuturnya.

Jelas dia, Geopark ini diyakini nantinya akan mampu memberikan ciri khas budaya sebagai daya tarik wisatawan lokal maupun internasional. Pembiayaan pembangunan Geopark ini pun akan dibantu oleh Unesco Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Geopark ini akan memunculkan ciri khas budaya Indonesia di Tasikmalaya. Biasanya kalau Geopark sudah dibangun akan mampu meningkatkan wisatawan bisa sampai 10 kali lipat dari destinasi wisata lainnya,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.