Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

SBdP Tumbuhkan Kreativitas dan Toleransi

16
0
MEMBUAT KOLASE. Siswa MI Cibaregbeg Tasikmalaya membuat kolase saat mata pelajaran seni budaya dan prakarya/keterampilan (SBdP).

TASIK – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cibaregbeg di Jalan HZ Musthafa Kota Tasikmalaya mengasah jiwa seni siswa melalui optimalisasi mata pelajaran seni budaya dan prakarya/keterampilan (SBdP).

Kepala MI Cibaregbeg Tasikmalaya Engkar Karminah SAg mengatakan pembelajaran SBdP ini bagian dari Kurikulum 2013. Pada mata pelajaran tersebut siswa mempelajari budaya dan karya seni.

Menurutnya, pembelajaran seni budaya dan keterampilan di sekolah dapat membantu siswa untuk mengekspresikan dirinya secara bebas dan menjadi keterampilan hidupnya di masa akan datang.

“Adanya SBdP dalam Kurikulum 13 mencakup keterampilan seni musik, seni tari dan peran serta keterampilan vokasional kerajinan tangan. Jadi, kita menerapkan pembelajaran ini harus dari dasar,” katanya kepada Radar, Kamis (10/10).

Tambah Engkar, melalui pembelajaran SBdP tersebut siswa dapat mengasah kreativitas dan menanamkan toleransi, karena di dalamnya terdapat apresiasi warisan budaya (cerita dalam bahasa daerah), apresiasi dan kreasi prakarya (kerajinan membuat pakaian atau aksesoris budaya nusantara, simbol dari ciri khas daerah yang ada di Indonesia).

Sehingga siswa bisa menerapkan dan pengetahuan yang luas tentang seni budaya yang ada di Indonesia, dari keberagaman ras, budaya, etnik, bahasa, agama dan lainnya. “Anak tumbuh menjadi orang yang toleransi dan nasionalis,” katanya.

Wali Kelas 1 MI Cibaregbeg Tasikmalaya Dede Umayah SPdI menjelaskan pendidikan seni budaya dan keterampilan ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan sikap dan kemampuan peserta didik agar mereka bisa peka dan berkreasi di bidang seni. “Melalui pelajaran seni budaya bisa melatih ketekunan, ketelitian dan kesabaran siswa,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.