Scudetto Inter Milan Sebagai Lelucon

22
Fabio Capello

MILAN – Mantan bos Juventus Fabio Capello hadir dalam sebuah wawancara eksklusif dengan sebuah stasiun radio Italia, Radio Anchio Sport. Capello berbicara banyak soal permasalahan sepak bola, baik dari yang terbaru, hingga kasus lama yang mungkin sudah mulai terlupakan oleh publik dunia.

Pria yang kini menginjakkan usia ke-72 tahun itu mengatakan jika keputusan memberikan Scudetto, gelar juara Serie A, kepada Inter Milan di musim liga 2005/2006, adalah sebuah keputusan yang tak ubahnya sebagai sebuah lelucon.

Juventus yang kala itu ditangani Capello sebenarnya mengakhiri musim tersebut, dengan trofi kebesaran Liga Italia tersebut di tangan. Sayang, piala tersebut pada akhirnya ditarik, terkait dengan keterlibatan Juve dengan skandal Calciopoli atau pengaturan skor.

“(Pemberian gelar Scudetto) kepada Inter Milan adalah sebuah lelucon. Hal itu jelas-jelas tidak adil,” tegas Fabio Capello dalam sesi wawancaranya.

Dan menurut eks pelatih Real Madrid itu, pengalihan gelar Scudetto yang dilakukan oleh pihak Federasi Sepak Bola Italia, FIGC, terbilang cukup tergesa-gesa untuk dieksekusi. “Guido Rossi (komisioner FIGC saat itu) bertindak tergesa-gesa,” kata eks pelatih Timnas Inggris dan Rusia itu.

Selain mengkritik keputusan Federasi Sepak Bola Italia tersebut, pria yang mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama klub asal Ferara, Societa Polisportiva Ars et Labor (SPAL) itu, juga mengkritisi soal hierarki klub-klub di Italia.

“Italia adalah satu-satunya negara di mana para pembesar klub berkuasa. Kita memberikan mereka terlalu banyak kuasa (atas klub),” tutur eks pelatih AC Milan dan AS Roma itu.

“Sekitar 85-90 persen suporter (klub) yang datang ke stadion (ke setiap laga yang digelar di Italia) adalah mereka yang seharusnya mendapatkan kehormatan itu, bukan orang-orang ini,” sindirnya.

Kendati demikian, ada satu hal positif yang diungkit Capello dalam sesi wawancara tersebut. Khususnya saat bicara Timnas Italia di bawah arahan eks manajer Manchester City, Roberto Mancini. (ruf/fin/wsa)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.