SDN 1 Angkasa Lestarikan Tari Sunda

113
0
Istimewa SIAP BERLOMBA. Guru dan kelompok tari SDN 1 Angkasa foto bersama saat mengikuti FLS2N tingkat Kecamatan beberapa waktu lalu.

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Angkasa Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya memberikan siswa keterampilan di bidang seni tari Sunda. Hal ini sebagai upaya melestarikan kebudayaan dan tarian tradisional.

Kepala SDN 1 Angkasa Dede Kurniasih SPd mengatakan pihaknya antusias untuk menjaga dan melestarikan budaya seni tari Sunda. Pada seni tari tersebut siswa mampu mengekspresikan diri, menggugah kreativitas dan mencintai budaya daerah.

“Potensi anak-anak pun dapat tergali melalui seni tari ini,” katanya kepada Radar, Kamis (29/8).

Selain itu bidang seni tari ini bisa mengantarkan siswa untuk berprestasi misalnya di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). SDN 1 Angkasa berhasil menempati posisi juara kedua di FLS2N tingkat Kecamatan. “Ke depannya semoga prestasi tersebut meningkat ke tingkat kota,” harapnya.

Pembina Seni Tari Sunda SDN 1 Angkasa Kecamatan Purbaratu Dede Suwardi SPd mengatakan, potensi seni tari siswa diwadahi melalui ekstrakurikuler. Selain diajarkan teknik menari tradisional, pada ekskul tersebut siswa dibina diberikan pemahaman mengenai nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

“Minat siswa terhadap ekskul seni tari bagus, anggotanya sekitar 50 siswa,” katanya. Tahun ini siswa akan mempelajari tari sulintang untuk perempuan dan tari leyepan untuk laki-laki. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.