SDN 1 Parakannyasag Indihiang Kota Tasikmalaya Jadi Sekolah Adiwiyata Jabar Wujud Capaian Program 3 P, Bersiap Menuju Lomba Nasional

375
0
SDN 1 Parakannyasag For Radar Tasikmalaya BERSAMA GUBERNUR. Kepala SDN Parakannyasag 1 Indihiang Kota Tasikmalaya Dra Heny MPd (ketiga dari kiri) berfoto bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Parakannyasag Jalan Leuwidahu Kaler No 7 Indihiang Kota Tasikmalaya meraih penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat. Kini mereka mempersiapkan diri menghadapi lomba sekolah adiwiyata tingkat nasional.
Kepala SDN 1 Parakannyasag Dra Heny MPd mengatakan prestasi yang mereka raih merupakan perwujudan dari capaian 3 P yakni penampilan, prestasi dan pelayanan.
”Melalui penampilan ini kita ikut serta dalam adiwiyata untuk mewujudkan sekolah yang indah, nyaman dan sehat, sekolah yang berbudaya lingkungan dan cinta terhadap lingkungan,” ungakapnya kemarin (26/10).
Adapun persiapan menghadapi lomba sekolah adiwiyata tingkat nasional, tambah Heny, pihaknya menambah tanaman dan lainnya.
“Untuk sekolah adiwiyata ini paling utama adalah budaya lingkungan yakni adanya perubahan karakter. Alhamdulillah anak sekarang makin cinta lingkungan, tidak sembarang metik buah atau bunga. Kolam ikan juga dipelihara begitu juga menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi dan lingkungan,” ujarnya.
Untuk prestasi, terang Heny, sekolahnya meraih banyak prestasi dalam bidang akademik maupun nonakademik. Diantaranya juara 1 dongeng tingkat Kota Tasikmalaya dan menjadi perwakilan ke tingkat Jabar, juara 2 tarumpah panjang tingkat Kota Tasikmalaya, juara 3 sepak takraw tingkat Kota Tasikmalaya, juara 1 pupuh putra tingkat Kecamatan Indihiang, juara 1 cipta baca puisi, juara 1 takraw tingkat Kecamatan Indihiang dan lainnya.
”Prestasi yang diraih ini juga adalah hasil dari kesungguhan semua pihak, terciptanya suasana sekolah yang nyaman dan bersih, menambah konsentrasi siswa dalam belajar, sehingga prestasi juga meningkat, hal ini juga berimbas pada pelayanan sekolah kepala siswa, orang tua dan juga masyarakat lingkungan sekitar,” terangnya.
Untuk pelayanan, tutur Heny, warga sekolah terus saling mengingatkan untuk terapkan 5 S: senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Dia berharap di tahun ajaran ini selain adanya peningkatan prestasi juga terbentuknya karakter yang baik, pembiasaan di sekolah mulai dari salat duha, menghafal surat pendek juz 30, senam bersama dan lainnya bisa mencetak generasi yang soleh, juga berprestasi dan berkarakter.
”Tahun ini kita juga terapkan program anak terbiasa minum air putih enam gelas dalam sehari, sehingga setiap anak wajib membawa air putih dari rumah. Kita juga akan program kan untuk menyediakan dispenser di setiap kelas sehingga kebutuhan air pada anak tercukupi,” tuturnya. (ais)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.