Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

2.8%

19.1%

7.2%

70.9%

SDN 3 Tugu Kota Tasik Juara Umum Pesta dan Pramuka Siaga 2019 Gara-gara Ini..

266
0

TASIK – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Tugu Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya menjadi juara umum dalam Pesta Siaga dan Lomba Ketangkasan Pramuka Siaga 2019 tingkat Kwarran Cihideung Sabtu (14/9).

Pembina Siaga Putri SDN 3 Tugu Kecamatan Cihideung Epon Nurhayati SPd menyebutkan di ajang Pesta Siaga tersebut sekolahnya mengirimkan 6 siswa putra dan 6 siswa putri berusia 7-10 tahun. Mereka berhasil mendapatkan juara umum dalam lomba ketangkasan Pramuka siaga.

Keberhasilan tersebut berkat penerapan sikap, keterampilan dan kecakapan yang dipelajari di dalam kelas dan di luar kelas. Selain itu didukung dengan pembinaan guru dan support orang tua.

Gerakan Pramuka siaga ini bisa membentuk karakter dan ketangkasan siswa. Karakter diwujudkan dengan sikap disiplin dan tanggung jawab. Sedangkan ketangkasan ditunjukkan dengan diraihnya gelar juara umum di Kwarran Cihideung.

“Alhamdulillah pada lomba Pesta Siaga dan Lomba Ketangkasan Pramuka Siaga 2019 tingkat Kwarran Cihideung berhasil juara umum. Karena regu putra meraih juara satu dalam lomba ketangkasan bowling, lempar cicin, menyeberang sungai dan memindahkan karet dengan sedotan. Sedangkan, regu perempuan berhasil menjadi juara dua dalam lomba ketangkasan menyebrang sungai,” katanya kepada Radar, Selasa (17/9).

Di samping itu, lanjut Epon, perlombaan ini bisa membangkitkan potensi siswa. Mereka mampu mendayagunakan ide inovatif dan ketangkasan. “Dalam mempersiapkan pesta siaga tersebut, kita memilih anak yang memiliki potensi di bidang kecakapan. Setelah terpilih, siswa diberikan latihan berkelanjutan,” kata dia.

Selain itu, motivasi dari guru-guru dan orang tua mampu memberikan dampak positif. “Semoga bisa menjadi siaga jitu dan mampu melanjutkan ke Pramuka penggalang yang diandalkan oleh sekolah,” katanya.

Kepala SDN 3 Tugu Achmad Patoni SPd MPd mengatakan bahwa Pramuka merupakan ekstrakulikuler wajib di sekolah dalam Kurikulum 2013. Pelaksanaan pendidikan kepramukaan tersebut menggunakan tiga model yaitu model blok, model regular dan model aktualisasi.

Bagi siswa yang mengikuti perlombaan siaga mesti melewati pendidikan model blok dan model regular dengan bentuk kegiatan rekreatif dan inovatif. Jadi yang dipilih untuk lomba merupakan siswa yang paling mandiri. “Melalui kegiatan Pramuka diharapkan menciptakan generasi super milenial,” katanya. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.