Melaju ke Tingkat Provinsi Jawa Barat

SDN Citapen Borong Prestasi

257
0
UNGGUL. Kepala SDN Citapen Tasikmalaya Ene Rosidah SPd MPd (kiri) foto bersama siswa berprestasi Selasa (26/3). Mereka akan berlaga di ajang OSN, FLS2N dan Sapta Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat. Siti Aisyah / Radar Tasikmalaya
Loading...

TASIK – SDN Citapen Tasikmalaya melaju ke tingkat Provinsi Jawa Barat pada Olimpiade Sains Nasional  (OSN),  Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Sapta Lomba. Lomba akan digelar April 2019.

Kepala SDN Citapen Tasikmalaya Ene Rosidah SPd MPd mengatakan, prestasi ini didapat setelah memenangkan lomba di tingkat Kota Tasikmalaya. Di ajang OSN, sekolahnya meraih juara 2 matematika. Pada FLS2N juara 1 cerita bergambar. “Kami juga menjadi juara 1 Pildacil dalam Sapta Lomba,” terang Ene saat di temui di kantornya, Selasa (26/3).

Selain itu, tambah Ene, SD Citapen juga berprestasi di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional  (O2SN) sebagai juara 2 tari kreasi, juara 3 seni lukis, juara 1 senam artistic beregu, juara 2 renang, juara 2 bulu tangkis dan juara 2 taekwondo.

“Setiap minggu sekolah kami selalu meraih prestasi. Baik dari lomba yang dilaksanakan dinas maupun non dinas,” katanya.

Ia menyebutkan, aktif mengikuti perlombaan merupakan bagian dari penjabaran visi dan misi sekolah. “Sejak awal masuk sekolah, kami sudah melakukan penjaringan terhadap minat dan bakat peserta didik,” katanya.

Loading...

Setelah itu sekolahnya melakukan pembinaan dan pelatihan kepada siswa sesuai bidang keahliannya sehingga skill-nya terasah. “Sekolah juga memfasilitasi dengan berbagai ekstrakurikuler. Kami juga berkomunikasi intensif dengan komite dan orang tua,” katanya.

Komunikasi tersebut untuk menjalin sinergi dalam pembinaan kepada anak. “Dengan keterbatasan sekolah, orang tua bisa mengikutsertakan anak dalam pelatihan atau pembinaan di luar sekolah,” terangnya.

Jika hanya mengandalkan fasilitas sekolah, maka akan tertinggal jauh. Untuk itu penting sekali bagi anak untuk berinovasi dan mengembangkan diri di luar sekolah.

Ene berharap prestasi yang diraih saat ini menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk sama-sama menelurkan prestasi. “Prestasi ini terwujud berkat dukungan semua pihak,” ungkapnya.

Guru Olahraga SDN Citapen Tasikmalaya Mohamad Tatang Suryana SPd menuturkan budaya prestasi ini sudah dirancang sejak siswa masuk di kelas 2. Mereka diikutkan lomba untuk melatih mental kompetisi dan meningkatkan kemampuannya. “Jika sejak dini sudah bisa berprestasi, maka saat kelas 4 dan 5 siswa sudah siap untuk kompetisi di berbagai tingkatan,” ujarnya. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.