SDN Galunggung Raih Nilai Tertinggi USBN

260
0
USAI WAWANCARA. Kepala SDN Galunggung Tasikmalaya Nana Hermawan SPd usai diwawancara mengenai hasil USBN 2019, Selasa (11/6). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – SDN Galunggung mendapatkan nilai tertinggi pada Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) 2019. Siswanya yakni Berisa Putri Jelila mendapat total nilai 298,0 atau didominasi nilai seratus.

Kepala SDN Galunggung Tasikmalaya Nana Hermawan SPd MMPd mengaku bangga atas prestasi ini. Makanya ia akan memberikan reward kepada siswa berprestasi. “Ini sebagai motivasi dan inspirasi bagi siswa lainnya agar bisa berprestasi seperti Berisa,” katanya Selasa (11/6).

Ia mengatakan, diraihnya prestasi nilai USBN tertinggi ini sebagai komitmen dari SDN Galunggung untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. “Alhamdulillah kami mampu mempertahankan prestasi selama ini dengan kembali diraihnya predikat nilai USBN tertinggi,” katanya

Ia pun mengaku puas dengan nilai yang didapat peserta didiknya yang lain. “Nilai rata-rata USBN SDN Galunggung 277,49, sedangkan nilai terendah 175,82,” ujarnya.

“Nilai USBN ini merupakan hasil dari pembelajaran di sekolah selama ini. Prestasi diraih berkat ketekunan siswa dan profesionalitas guru dalam mengajar,” katanya.

Ia mengatakan, salah satu kunci sukses SDN Galunggung yakni menerapkan strategi pendidikan berbasis kebutuhan. Jadi, kata ia, pendidikan itu bukan untuk berprestasi atau kepentingan lain tapi sebagai kebutuhan dan gaya hidup. “Pembelajaran merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi, seperti halnya kebutuhan primer makan,” katanya.

Dengan paradigma tersebut, maka siswa mampu mendapatkan pemahaman terhadap pelajaran dengan sempurna. Hal ini tentu berdampak pada nilai yang diraih pada USBN tersebut. “Saya bangga, siswa kami mendapatkan nilai 100 untuk pelajaran bahasa Indonesia dan matematika siswa. Ini perlu kita apresiasi dan syukuri,” tambahnya.

Wakasek Kurikulum SDN Galunggung Alam Bahtiar mengatakan SDN Galunggung betul-betul mempersiapkan siswa untuk sukses USBN, tak heran prestasi terbaik bisa didapat.

“Sekolah selalu melatih siswa dengan berbagai tipe soal USBN. Siswa juga dilatih mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan benar,” katanya.

Pihaknya juga menggelar pengayaan dan penambahan muatan ajar sehingga siswa betul-betul siap saat menghadapi USBN. “Dengan persiapan matang, Alhamdulillah kami bisa mencapai target nilai yang diinginkan,” pungkasnya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.