Sebanyak 50 Relawan Santri Digembleng Kebencanaan

177

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TANJUNGJAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pelatihan pencegahan dan penanggulangan bencana di Situ Sanghyang Tanjungjaya, Rabu (11/4). Kegiatan tersebut diikuti 50 relawan santri se-Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Zalkaf Darsma mengatakan kegiatan ini sebagai bekal pengetahuan kepada relawan dalam penanggulangan bencana. Sehingga para relawan santri yang ada bisa lebih mandiri dan sigap ketika terjadi bencana.

Nantinya relawan santri ini diharapkan dapat mengimplementasikan semuanya dalam kehidupan sehari-hari. “Mudah-mudahan bisa menyampaikan kepada santri yang lainnya, betapa pentingnya dalam penanggulangan bencana ini peran relawan untuk mengetahui tata cara penanggulangannya,” jelas Zalkaf.

Dalam pelatihan tersebut beberapa materi yang diberikan kepada peserta seperti pengenalan BPBD, penanggulangan kesehatan saat bencana, rescue, vertical rescue dan evakuasi serta pasang bongkar tenda darurat termasuk penyelamatan korban di dalam air. “Diharapkan pasca pelatihan ini relawan santri bisa membantu BPBD dalam penanggulangan bencana,” tandasnya. (ujg)

loading...