Sebelum Rotasi Pejabat dan Ditangkap KPK, Bupati Cirebon Telepon Mendagri

20
Sunjaya Purwadisastra

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

JAKARTA – Dalam kasus OTT Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, ada hal menarik yang terjadi. Sunjaya ternyata sempat menelepon Mendagri Tjahjo Kumolo untuk memproses pergantian sejumlah pejabat.

“Jujur, saya curiga. Sudah 3-5 hari terakhir, Pak Bupati telepon saya terus. Dia minta izin saya untuk mengganti beberapa SPKD dia. Saya saat itu masih dalam kesibukan, makanya belum saya terima,” kata Mendagri kepada wartawan di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/10).

Dengan permintaan itu, Tjahjo menyarankan kepada Sunjaya agar mengikuti ketentuan peraturan yang ada jika ingin mengganti kepala dinas, yakni melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil selaku pimpinan tertinggi di Provinsi Jawa Barat.

“Dulu yang menentukan Mendagri. Tapi sekarang, saya serahkan kepada gubernur, karena yang mengetahui SDM kan gubernur. Mendagri jadinya hanya teken SK saja, sudah enggak mikir siapa orangnya lagi,” jelas Tjahjo.

Usai terjaring OTT oleh KPK, politisi PDIP itu berkeyakinan jika permintaan Sunjaya lewat telepon itu ada kaitan kuat dengan kasus yang saat ini ditangani oleh KPK.

Dalam OTT itu, Sunjaya tak sendirian. Ada juga orang yang ikut diamankan oleh KPK. (RBA/FIN)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.