Bisa Apa dengan 60 Ribu Rupiah?

Sebulan Internetan Unlimited Murah

78

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Mungkin Anda sudah sadar betapa koneksi menuju dunia internet sudah mulai menjadi sebuah kebutuhan penting saat ini.
Tidak hanya terhubung dengan update berita terbaru dan gosip-gosip di media sosial, hampir semua pengembang game pun mulai menitipkan data permainan di server cloud yang notabene harus diakses melalui jaringan data yang mumpuni.

Nah bicara paket data mumpuni, Indonesia termasuk salah satu Negara yang beruntung telah mengadopsi jaringan 4G dengan kecepatan tinggi, meskipun belum bisa dibilang merata di seluruh penjuru Tanah Air.

Namun dengan seiring berjalannya waktu dan pengembangan infrastruktur yang terus menerus ditingkatkan, bukan tidak mungkin kita bisa merasakan kecepatan data di seluruh Indonesia tanpa batas dalam waktu dekat ini. Dan peralihan menuju teknologi akses data berikutnya pun bisa berjalan lebih mulus dan merata.

Apabila perangkat untuk akses data sudah tidak menjadi masalah, artinya ponsel, modem, atau perangkat 4G lain sudah Anda miliki, tugas selanjutnya adalah menimbang layanan operator mana yang paling efektif untuk kebutuhan Anda sehari-hari.

Perbandingan
Paket Data Operator
Masing-masing operator menyediakan bermacam-macam paket data yang alih-alih memudahkan pengguna, justru terkadang membingungkan dan pada akhirnya dikeluhkan
pengguna karena terkesan menjebak.

Jangankan pengguna awam, kadang wartawan telko pun harus berhati-hati dalam memilih paket data yang ditawarkan oleh operator, dan bila beruntung, Anda bisa mendapatkan harga yang jauh di bawah standar ketika memilih paket data di masa promo.

Untuk itu, Kami sengaja mempersempit parameter agar mudah dimengerti dan relative sering ditemukan oleh pengguna ponsel di Tanah Air. Yaitu dengan membatasi dana pengguna di angka 60 Ribu Rupiah dan paket data unlimited (Pembelian lewat aplikasi mobile).

Dengan dana segini, kita bisa memilih sejumlah paket data dari 2 operator diatas.
Dari Tabel harga paket yang dipersempit menyesuaikan budget pengguna di atas, sebenarnya kita bisa menilai berapa harga paket rata-rata dan operator mana yang menawarkan harga paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Yang menarik, Smartfren dengan paket anyar unlimited bulanan, dengan hanya membayar 60 ribu Rupiah sebulan, kita bisa mendapatkan kuota 30 GB lebih dalam sebulan, lebih tinggi dari operator-operator pesaingnya.
Kenapa kita menggunakan istilah 30 GB lebih? Hal itu dikarenakan ketika kita mencapai batas pemakaian wajar dalam sehari, yakni 1 GB untuk paket unlimited 60 ribu, kita tetap bisa mengakses internet meskipun dengan kecepatan yang disesuaikan.

Sebagai gambaran seperti apa kebutuhan internet kita dalam sehari, kami mencoba melakukan simulasi mengakses situs berita tekno www.tabloidpulsa.co.id, bermain game Toram online dan membuka beberapa video youtube.

Akses Youtube dengan intensitas normal dalam sehari membutuhkan sekitar 500 MB, bermain game Toram Online dengan asumsi semua data aplikasi sudah terupdate, membutuhkan kuota 75 MB dalam satu jam lebih. Dan akses chrome menuju ke beberapa situs berita, dalam sehari hanya membutuhkan 40 MB kuota saja.

Jika ditotal, untuk 3 kebutuhan tersebut kami hanya membutuhkan sekitar 615 MB saja. Ini masih di bawah batas pemakaian wajar alias FUP yang mencapai 1 GB. Sehingga kita bisa mengharapkan kecepatan maksimal 4G saat mengakses ketiga kebutuhan tersebut. Jika hal ini dilakukan terus menerus sepanjang 30 hari, maka kebutuhan kuota kita dalam 30 hari adalah 18 GB.

Apabila kita paksakan ke batas pemakaian wajar, alias ada 385 MB yang kemudian Anda gunakan untuk Facebook-an atau berbalas pesan via WhatsApp, atau dengan kata lain kita maksimalkan pemakaian hingga 30 GB dalam sebulan, maka memilih paket unlimited dari smartfren merupakan salah satu langkah yang tepat.

Jika Anda menggunakan layanan unlimited operator lain, kuota bulanan mereka hanya 5 GB. Artinya, Anda harus menambah kuota, atau membeli paketan baru untuk lanjut menikmati layanan mereka. Tentu saja hal ini tidak berlaku untuk bebas akses ke aplikasiapikasi yang mereka tawarkan.(rls)

loading...