Seekor Buaya Muncul di Pantai Timur Pangandaran

3280

PANGANDARAN – Seekor buaya tiba-tiba muncul di kawasan perairan Pantai Timur Pangandaran, Senin (22/4). Peristiwa langka tersebut sontak menjadi tontonan warga yang penasaran, sejumlah wisatawan juga turut menyaksikan kemunculan hewan predator tersebut.

“Awalnya kita juga tidak percaya tapi setelah dicek ke lokasi ternyata benar, saya juga melihat kemunculannya beberapa kali,” tutur Asep Kusdinar, Sekjen Satgas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pangandaran kepada Radar, kemarin.

Dikatakannya, buaya yang dilihat cukup besar dengan panjang kurang lebih dari 3 meter.

“Kejadian ini memang baru pertama kali, kemungkinan buaya tersebut dari sungai,” tutur Asep.

Ia berharap pihak terkait segera merespon cepat dan mencari solusi untuk memindahkan hewan buas tersebut ke habitatnya kembali.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangandaran Rahmat membenarkan penemuan buaya di kawasan Pantai Timur. “Kita monitor terus pergerakannya, karena sudah banyak orang di pinggir pantai, buaya itu kini semakin menjauh ke tengah, tapi sesekali muncul ke permukaan,” ungkapnya.

Menurutnya, pertama kali buaya tersebut ditemukan oleh nelayan di sekitar perairan Batu Layar, Pantai Timur. “Malah sempat digiring oleh beberapa nelayan, sempat mau menepi tapi kembali lagi ke tengah,” ungkapnya.

Lanjut Rahmat, buaya yang tersesat tersebut kemungkinan berasal dari muara Sungai Citanduy. “Jenisnya memang buaya muara, dalam beberapa hari ini kondisi Sungai Citanduy memang meluap, bisa saja terbawa sampai ke laut,” ungkapnya.

Kemunculan buaya muara di laut, kata dia, merupakan yang kedua kalinya setelah seekor buaya muara ditemukan di Pantai Legok Jawa, Cimerak beberapa tahun lalu. “Kalau di Pangandaran baru ada sekarang, dulu sempat ada di Cimerak dan diamankan warga, kemudian kita bawa ke tempat penangkaran,” tuturnya.

Dikatakannya, buaya tersebut muncul beberapa kali ke permukaan sehingga mudah dilihat, namun demikian lokasinya terus bergeser. “Terakhir terlihat lagi di sekitar pasar ikan, kondisinya memang terlihat sudah lemas, karena laut bukan habitat hewan tersebut,” ungkapnya.

Sejumlah petugas keamanan dari Balawista, TNI/ Polri turut memantau keberadaan buaya yang tersasar di perairan Pantai Timur. Hingga sore kemarin, buaya tersebut masih berkeliaran di sekitar perairan Timur Pangandaran. (nay)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.