Seekor Kijang Kabur dari Cagar Alam Pangandaran, Masuk ke Pemukiman Warga

39
0
LEPAS. Seekor kijang berkeliaran di Desa Pajaten Kecamatan Sidamulih Senin (13/1). BKSDA untuk Radar Tasikmalaya
LEPAS. Seekor kijang berkeliaran di Desa Pajaten Kecamatan Sidamulih Senin (13/1). BKSDA untuk Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Seekor kijang penghuni Cagar Alam lari dari habitatnya dan masuk ke dalam pemukiman warga. Saat ini pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tengah mencarinya.

Salah seorang waraga Sidamuli Herry (40) mengatakan kijang tersebut terlihat di sekitar Desa Pajaten Kecamatan Sidamulih.

”Tadi malam saya melihat kijang tersebut sedang melintasi jalan sekitar jam delapanan,” ungkapnya kepada Radar Senin (13/1).

Menurut dia, kijang tersebut sebaiknya cepat-cepat ditangkap, karena khawatir ada yang berniat menangkapnya atau tiba-tiba tertabrak oleh kendaraan yang melintas.

”Jangan sampai kijang ini juga malah mencederai masyarakat,” ucapnya.

Lanjut dia, kondisi kijang tersebut terlihat kurus seperti kurang mendapatkan makanan. ”Saya khawatir kijang ini berjalan terlalu jauh, akhirnya malah mati kelaparan,” ujarnya.

Baca : Tak Banyak yang Tahu, Ini Pesona Keindahan Cagar Alam Pantai Timur Pangandaran

Kepala BKSDA Resort Pangandaran Uking Iskandar membenarkan adanya kijang yang keluar dari habitatnya di Cagar Alam.

”Dari hari Minggu (12/1) kita sudah mencarinya, tapi waktu itu kita tidak membawa petugas yang biasa menanganinya, hari ini kita terus melakukan pencarian” terangnya.

Menurut dia, kejadian kijang yang kabur dari habitatnya sering terjadi, hal itu karena perubahan perilaku dari hewan unik tersebut.

”Mereka biasa diberi makan oleh wisatawan, sehingga lebih suka mencari makan hingga keluar habitatnya, bahkan mereka lebih suka memakan pembungkus nasi,” ujarnya.

Me­nurut Uking, dulu per­nah ada ki­jang yang di­­be­dah pe­­rut­nya oleh dok­­ter he­­wan, di da­lam pe­­rut­nya di­­te­mu­­kan se­­kitar 5 kilo­gram sam­­pah. (den)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.