Segarkan Nilai Kebangsaan terhadap Santri

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

SINGAPARNA – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang juga Anggota Badan Pengkajian MPR RI Drs H Ahmad Zacky Siradj bersama Pondok Pesantren Cintawana menyelenggarakan seminar kebangsaan dengan tema Menggali Nilai-Nilai Pancasila dalam Perspektif Islam, beberapa waktu lalu.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Drs H Ahmad Zacky Siradj mengungkapkan kegiatan seminar ini ditujukan agar pemahaman santri terhadap nilai-nilai Pancasila dari perspektif Islam bisa digali dan terus diingatkan. Mengingat saat ini nilai tersebut cenderung sedang mengalami penurunan. “Maka dari itu, nilai kebangsaan ini harus dipagari salah satunya dengan dialog terbuka dan diskusi seperti ini,” ujarnya.

Kenapa perlu disegarkan, kata Zacky, perkembangan nilai-nilai itu mengalami pergeseran dari zaman ke zaman. Sehingga yang tidak mempunyai nilai-nilai kebangsaan akan kehilangan kepercayaan dirinya.

“Untuk itu saya kira perlu dibangun sebuah kepercayaan diri untuk melihat dari perspektif agamanya terhadap nilai-nilai kebangsaan,” jelasnya.

Peserta seminar Gunawan Permana mengaku kegiatan ini sangat bagus bagi santri dalam membangkitkan kembali nilai-nilai kebangsaan. “Saya dapat mengambil hikmah dari pada kajian Pancasila dalam perspektif Islam,” paparnya.

Kata dia, Indonesia diisi oleh beragam suku, budaya dan agama. Tapi semua disatukan dengan Pancasila yang menjadikan satu Bangsa Indonesia. Dalam Islam persatuan dan kesatuan juga sangat dijaga supaya tidak terjadi perpecahan dengan menghargai perbedaan yang ada. (dik)

loading...