Segera Laporkan Jika Ada Anggota Bawaslu Pangandaran Memihak Paslon Bupati

45
0
MENGINGATKAN. Bawaslu Kabupaten Pangandaran mengingatkan penyelenggara pemilu netral di Pilkada Serentak 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya.
MENGINGATKAN. Bawaslu Kabupaten Pangandaran mengingatkan penyelenggara pemilu netral di Pilkada Serentak 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya.

PANGANDARAN – Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan jika ada anggotanya yang berpihak ke salah satu calon pasangan bupati dan wakil bupati, maka bisa dilaporkan ke Bawaslu.

Iwan berjanji tidak segan menindak langsung anggotanya yang tidak netral tersebut.

“Laporkan saja jika ada panwascam, staf atau komisionernya juga. Termasuk saya juga,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada sosialisasi pengawasan partisipatif bagi media massa dan partai politik pada Pilkada Selasa (22/9).

Baca juga : Festival Cikalong Akan Dikembangkan

Iwan mengatakan pada 2019, ada salah satu anggotanya yang mengampanyekan calon presiden. Saat itu juga langsung diproses. “Langsung diberhentikan, karena memang terbukti mengampanyekan calon,” jelasnya.

Selain itu, jika ada anggota KPU, bahkan komisionernya sekali pun diduga melanggar netralitas, juga bisa langsung dilaporkan.

“Ingat bahwa potensi pelanggaran netralitas itu selalu ada. Jadi kami berharap partisipasi dari semuanya untuk pengawasan,” jelasnya.

Menurut dia, integritas sebagai penyelenggara pemilu yang netral harus dibuktikan dalam Pilkada kali ini, sehingga kepercayaan masyarakat tidak luntur. “Kita jangan memihak. Saya tegaskan,” tegasnya.

Baca juga : Digitalisasi Seluruh Desa di Pangandaran untuk Pelayanan Masyarakat

Komisioner Bawaslu Gaga Abdillah lebih menyoroti netralitas ASN di Pangandaran, karena beberapa waktu lalu sudah ada tiga orang yang dipang­gil. “Itu memang ada dugaan pe­lang­garan net­ralitas, setelah kami veri­fikasi,” jelasnya.

Kata dia, dugaan pelang­garan tersebut akan ditin­dak­lanjuti ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Akan kami registrasikan temuan ini,” ujarnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.