Segera Petakan Potensi Daerah

91
0
Hj Nurhayati
Loading...

Pemerintah Kota Tasikmalaya diharapkan bisa memaksimalkan kehadiran maskapai Garuda Indonesia ke Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

Supaya konektivitas pariwisata bisa benar-benar terwujud, terutama untuk mengembangkan potensi daerah ke luar.

Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Hj Nurhayati mengatakan infrastruktur pariwisata perlu pembenahan supaya bisa menarik kunjungan wisatawan datang ke Tasikmalaya. Apalagi, belakangan ini mulai terlihat kedatangan wisatawan asing ke Bandara Wiriadinata di hari tertentu.

“Tinggal bagaimana Pemkot mengembangkan potensi yang ada di daerah sendiri. Tempat wisata dikembangkan bekerjasama dengan daerah sekitarnya,” tuturnya saat diwawancarai saat peresmian penerbangan perdana Garuda Indonesia di Bandara Wiriadinata, Sabtu (2/3).

Sehingga, kata dia, hadirnya maskapai serta rute baru benar-benar terasa manfaatnya. Terutama mampu mendongkrak perekonomian daerah, dengan terbukanya aksesibilitas udara lebih lengkap dari sebelumnya.

“Kota Tasikmalaya itu posisinya di tengah. Ketika Sumber Daya Alam terbatas, bisa menjadikan daerah sekitar menjadi penunjang. Agar mendongkrak tingkat kunjungan, hunian, transaksi potensi daerah dan lain sebagainya. Sehingga hadirnya rute dan maskapai baru bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan rute Bandar Udara (Banara) Halim Perdanakusuma, Jakarta-Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya. Penerbangan Halim-Wiriadinata akan dilayani selama tiga kali pada Selasa, Kamis dan Sabtu denga pesawat ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang.

Loading...

“Ini adalah respons cepat Garuda Indonesia atas harapan Presiden RI dalam menunjang konektivitas udara dari dan menuju Tasikmalaya,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara saat berkunjung ke Bandara Wiriadinata sekaligus mengawali penerbangan perdana Garuda ke Priangan Timur, Sabtu (2/3).

Menurutnya, penerbangan dari Tasikmalaya cukup besar, dengan total penumpang mencapai 30 ribu penumpang per tahun. “Penerbangan ini juga menjadi momen penting bagi Garuda Indonesia mengingat peluncuran rute ini sekaligus menandai pengoperasian perdana layanan penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya,” tutur dia.

Pengoperasian rute ini, kata dia, sekaligus menghubungkan Palembang dan Tasikmalaya via Halim Perdanakusuma yang penerbangannya akan dilayani sebanyak tiga kali seminggu. Melalui operasional layanan penerbangan dari Bandara Halim, Garuda dalam waktu dekat juga berencana menjajaki untuk melayani penerbangan ke kota-kota lainnya dari Bandara Halim Perdanakusuma. “Komitmen Garuda Indonesia dalam membuka rute penerbangan di kawasan wilayah ekonomi baru seperti Tasikmalaya yang turut dikenal sebagai salah satu Kota Santri,” ucap Ari.

Terbukanya koneksi ke Priangan Timur ini, kata Ari, kemungkinan dapat membuka konektivitas pariwisata dengan Yogyakarta dan Denpasar Bali. Tergantung nantinya tuntutan dari pasar. “Pariwisata terkoneksi Yogya-Denpasar-Tasik seperti yang diungkapkan Pak Wali tadi bisa saja. Kita lihat permintaannya dan kita lihat dulu izinnya dari kementerian,” ucapnya. (igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.