Segera Tangani Kecurangan Pilkades!

54
0
PILKADES. Komisi 1 DPRD Kabupaten Garut menerima laporan dugaan kecurangan Pilkades Jayaraga Kecamatan Tarogongkidul, Jumat (22/11). Yana Taryana / Rakyat Garut
PILKADES. Komisi 1 DPRD Kabupaten Garut menerima laporan dugaan kecurangan Pilkades Jayaraga Kecamatan Tarogongkidul, Jumat (22/11). Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONGKIDUL – DPRD akan menyurati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut untuk segera menangani dugaan kecurangan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Jayaraga Kecamatan Tarogongkidul.

“Kami akan minta tim perselisihan pilkades tingkat kabupaten melakukan investigasi terhadap hal tersebut,” ujar anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Garut Yayu usai menerima audiensi para calon kepala desa (calkades) berikut perwakilan masyarakat Jayaraga, Jumat (22/11).

DPRD menerima laporan dari para Calkades Jayaraga dan perwakilan masyarakat. Mereka menyampaikan sejumlah keluhan ihwal dugaan pelanggaran yang dilakukan panitia pilkades sehingga berpotensi memenangkan salah satu calon.

“DPR akan segera mendorong Pemda Garut segera melakukan penyelesaian sehingga tidak ada pihak yang dirugikan,” katanya. “Namun sekali lagi kami tidak memutuskan apakan gugatan pemohon dikabulkan atau tidak, sebab sifatnya mendengarkan aspirasi masyarakat,” tambah dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Garut Aji Sukarmadji menjelaskan audiensi yang dilakukan seluruh calkades dan perwakilan masyarakat merupakan hak konstitusi warga. “Silakan saja kan itu haknya,” katanya.

Namun, lembaganya belum bisa memutuskan apakah gugatan yang disampaikan pemohon diterima atau pun tidak. “Kami sifatnya mengumpulkan bahan, nanti tim kabupaten lah yang akan memutuskan,” ujarnya.

Loading...

Rencananya tim gabungan polisi, TNI, kejari, asisten daerah, DPMD, Satpol PP dan lembaga terkait lainnya yang dibentuk panitia tim Pemda Garut tersebut bakal segera melakukan investigasi lapangan untuk menemukan bukti laporan warga tersebut. “Secepatnya akan ditangani dengan tim gabungan tersebut,” tutur dia.

Aji enggan menyebut secara pasti kapan pelaksanaan investigasi pelanggaran Pilkades Desa Jayaraga. “Secepatnya akan kami kumpulkan seluruh pihak baik pemohon atau pun termohon,” kata dia.

Kusna Kusdana, salah satu calkades pemohon dalam gugatan itu mengatakan, di tengah proses rencana investigasi tim penyelesaian perselisihan pilkades tingkat kabupaten berlangsung, ia meminta Komisi 1 dan DMPD untuk menyurati bupati agar tidak melakukan pelantikan untuk Desa Jayaraga.

“Jangan sampai proses gugatan tengah dilakukan, bupati malah melantiknya,” tutur dia. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.