Segera Tuntaskan Jalur Lingkar Selatan

509
0
TUNJUKAN. Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim MSi menunjukkan peta rencana pembangunan Tol Gedebage-Majalaya-Garut-Tasikmalaya di kantornya, Selasa (23/7).
Loading...

INDIHIANG – DPRD meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya bersiap diri menyambut masuknya akses tol ke daerah. Salah satunya dengan segera mengimplementasikan rencana pembangunan Jalan Lingkar Selatan (Lingsel) yang dapat dijadikan jalan penunjang tol.

“Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mewajibkan pemda untuk menyiapkan jalan penopang tol. Taksiran kami, tol akan masuk di area yang berdekatan dengan rencana Jalan Lingkar Selatan,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Muslim MSi kepada Radar, Selasa (23/7).

Menurutnya, jalan penunjang berfungsi untuk memecahkan arus kendaraan yang keluar dari tol. Apabila, pemkot didahului pembangunan jalur bebas hambatan dari Gedebage menuju Tasikmalaya itu, kondisi jalan perkotaan akan semakin sesak. “Harus segera disiapkan, sebab nanti akan terjadi penyumbatan jalan. Anggap saja exit tol itu melalui Jalan Mangin, otomatis kendaraan akan lari ke perkotaan apabila tidak disiapkan jalan penopang yaitu Lingkar Selatan,” ucapnya.

Pihaknya pun di tahun mendatang akan memaksimalkan anggaran untuk persiapan menyambut kehadiran tol. Dengan demikian, infrastruktur pemecah arus kendaraan sudah siap digunakan ketika tol selesai. “Harus beriringan, kalau kita baru start 2021, khawatir terlambat. Sebab banyak yang harus disiapkan ketika membuka akses baru,” tutur politisi PDIP itu.

Dia meyakini kehadiran tol ke Tasikmalaya bakal mendongkrak perekonomian daerah. Termasuk kepadatan lalu lintas, seperti ciri khas kota-kota yang dilalui akses bebas hambatan itu. “Nanti lebih metropolis tentunya ketika tol masuk. Di samping perkembangan kemajuan daerah, eksesnya juga harus diantisipasi seperti kemacetan,” ujarnya.(igi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.