Sehari 30 Warga Terpapar Covid-19, Ciamis Zona Merah

75
0
dr Bayu Budiawan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ciamis 
Loading...

CIAMIS – Kasus terpapar Covid-19 di Kabupaten Ciamis semakin parah dan menyebabkan statusnya menjadi zona merah, padahal sebelumnya masih oranye. Hal itu diungkapkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ciamis  dr Bayu Budiawan kepada Radar, Kamis (4/2/2021).

Kata dia, memang diakui bahwa penyebaran atau penambahan kasus Covid-19 di Ciamis masih tinggi. Dalam sehari jumlah penambahan kasus bisa mencapai 30 orang.

“Termasuk dalam tiga hari terakhir ada pasien yang meninggal. Senin (1/2) dua pasien meninggal, Selasa (2/2) tiga orang meninggal dan Rabu (3/2) ada empat orang meninggal dunia,” ujarnya, menjelaskan.

Jelas dia, pada awal sampai pertengah Januari memang berstatus zona merah. Kemudian masuk akhir bulan sudah berubah menjadi oranye. Namun, awal Februari ini langsung berubah kembali menjadi merah.

“Jumlah kasus positif di Ciamis mencapai 2.015 orang, pasien meninggal sebanyak 72 orang, dirawat 52 orang serta isolasi mandiri sebanyak 275 orang dan sisanya dinyatakan sembuh,” katanya, menjelaskan.

loading...

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan dan menerapkan 3M, memakai masker, mejaga jarak serta mencuci tangan  untuk beraktivitas hindaari  kerumunan.  Kalau tidak ada keperluan sebaiknya tidak perlu ke luar rumah saja,” kata dia, menambahkan.

Kemudian, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat jangan termakan hoaks soal vaksinasi yang berada. Karena, dengan vaksinasi akan terjadi kekebalan kelompok dan bisa menekan laju penyebaran Covid-19.

“Rencannya tahap II vakinasi kepada masyarakat akan dilaksanakan April. Sejauh ini kami masih menunggu arahan selanjutnya bagaiman,” ucapnya. (isr)

Baca juga : AWAS.. Jembatan Sungai Burujul Banjarsari Ciamis Amblas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.