Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.5%

19.8%

7.7%

69%

Sehari, Muncul 315 Ton Sampah di Kota Tasik, Sarana Prasarana & Personil Minim

60
0
Petugas DLH Kota Tasik saat melakukan pengangkutan sampah di Jalan ABR, Mangkubumi, Selasa (08/09) siang. rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Permasalahan pelayanan pengangkutan sampah di Kota Tasikmalaya belum sepenuhnya tuntas. Bahkan semakin cenderung sulit.

Sekretari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasik Muljadi, mengakui baru 70 persen sampah bisa terangkut.

“hasil survei selama ini baru 70 persennya sampah di Kota Tasik yang terangkut kami hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sisanya memang belum terangkut,” katanya kepada wartawan, Selasa (08/09).

Terang dia, dalam hasil survei tahun 2019 itu sampah di Kota Tasik tiap harinya seberat 0,44 kilogram dari satu keluarga per harinya. Dan saat ini di Kota Tasik terdapat 240 ribu keluarga.

Bila hal itu dikalkulasikan, beber dia, setiap keluarga dengan 0,44 kilogram sampah setiap harinya terkumpul sekitar 315 ton sampah tiap harinya terproduksi di Kota Tasik.

“Selama ini yang bisa kami layani pengakutan ke TPA baru 70 persennya setiap hari. Kami akui sisanya memang masih belum terlayani,” bebernya.

Menurut dia, sesuai target kesejahteraan nasional tahun 2025 itu seluruh sampah di Kota Tasik memang harus sudah terlayani pengangkutan 100 persen.

Dia menambahkan, alasan utamanya klasik. Yakni, karena minimnya sarana, prasarana, dan personel.

“Tentu juga kurangnya anggaran untuk pengangkutan. Namun kami juga terus mengajukan anggaran melalui Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) agar bisa terpenuhi pengangkutan ini,” tambahnya.

Jelas dia, 30 persen sampah yang belum terangkut ini kebanyakan berada di wilayah pinggiran seperti Bungursari. Terutama wilayah perbatasan wilayah yang belum terlayani.

“Namun demikian sampah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja melainkan tanggung jawab masyarakat. Dengan itu kami imbau masyarakat melakukan pengelolaan sampah sendiri,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.