Peningkatan Selalu Terjadi Setelah Idul Fitri

Sehari, Pemohon SKCK Capai 500 Orang

149
ANTRE. Para pencari kerja antre membuat SKCK di Mako Polres Tasikmalaya, Selasa (11/6).. DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

MANGUNREJA – Pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) usai Hari Raya Idul Fitri mengalami peningkatan di Gedung Tempat Pelayanan (GTP) Satuan Intelkam Polres Tasikmalaya, Selasa (11/6). Dalam sehari, jumlah pemohon bisa mencapai 500 orang.

Kaurmintu Sat Intelkam Polres Tasikmalaya Bripka Usep Kasmiri menjelaskan peningkatan pemohon SKCK selalu terjadi setelah Lebaran, peningkatannya sangat signifikan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Usai Lebaran tahun ini, dari Senin (10/6) hingga Selasa (11/6) pemohon SKCK bisa mencapai 500 orang per harinya. Namun yang terlayani hanya 200-an. Kalau hari biasa hanya 30-40 orang. Peningkatan pemohon ini diperkirakan satu minggu ke depan akan terus bertambah,” paparnya.

Kata dia, memang pemohon SKCK belum bisa terlayani semuanya. Namun, bagi pemohon yang sudah mendaftar tetap akan diproses dengan penambahan jam kerja dari pukul 08.00-14.00 sampai 16.00. “Kalau pemohon yang terlambat mendaftar diarahkan dan disarankan oleh Polres Tasikmalaya membuat SKCK di polsek masing-masing kecamatan,” paparnya.

Jelas dia, tingginya jumlah pemohon SKCK didominasi oleh para pencari kerja. Kemudian ada juga yang baru lulus sekolah membuat SKCK untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau melamar pekerjaan.

Pemohon SKCK asal Kecamatan Cibalong, Ujang Ruhimat mengaku datang lebih pagi pukul 06.00 sebelum pendaftaran pembuatan SKCK dibuka. “Biar enggak antre, ya mau tidak mau harus datang pagi. Saya bikin SKCK buat melamar kerja ke perusahaan di Bandung. Saya baru keluar SMA,” terangnya.

Pemohon lainnya, Miftahul Maarif (18) mengaku SKCK yang dibuat untuk syarat melamar kerja. “Saya buat SKCK untuk lamar kerja di pabrik wilayah Bogor. Tidak menyangka akan penuh seperti ini. Kalau dari awal tahu bisa di polsek, ya mending di polsek aja dekat,” ungkapnya.(dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.