Seismograf Tersisa Satu di Gunung Papandayan

76
0
Istimewa HILANG. Petugas Pos Pengamatan Gunung Papandayan Momon menunjukkan foto seismograf yang dipasang di Gunung Papandayan sebelum hilang.

CISURUPAN – Sebagian alat pengukur gempa bumi atau seismograf di Gunung Papandayan raib. Diduga dicuri. Akibatnya, Pos Pengamatan Gunung Papandayan tidak bisa bekerja secara maksimal.

“Empat dari lima seismograf yang ada di wilayah Papandayan sekarang sudah hilang dicuri,” ujar staf Pos Pengamatan Gunung Papandayan Momon saat dihubungi Rakyat Garut, Senin (18/3).

Seismograf yang dicuri berupa solar panel dan accu yang disimpan di dalam tanah. “Sekarang hanya satu unit seismograf yang tersisa, tetapi tidak bisa diandalkan,” ujarnya.

Menurut Momon, keberadaan seismograf sangat penting untuk memantau aktivitas merapi Gunung Papandayan. Hilangnya seismograf membuat pihaknya tidak bisa melakukan pengamatan secara menyeluruh. Pengamatan saat ini hanya bisa secara visual.

Dia menerangkan hilangnya seismograf terjadi sejak 2016. Terakhir, seismograf hilang di kawasan Tegalpanjang. “Sejak pengelolaan Papandayan beralih ke swasta jadi sering hilang alat ini. Padahal kan alatnya sangat penting,” katanya.

Dia menerangkan sebenarnya posisi seismograf disimpan di lokasi yang aman. Bahkan ditanam ke dalam tanah dan tersembunyi di hutan.

Dia sudah melaporkan berulangkali pencurian alat pengamatan bencana gempa bumi itu. Namun hingga saat ini tidak ada titik temu atau tindak lanjut. “Akibat hilangnya sejumlah fasilitas pengamatan gunung tersebut negara dirugikan hingga Rp 400 juta,” katanya.

Dihubungi terpisah, Direktur PT Alam Indah Lestari (AIL) Tri Persada selaku pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Cisurupan Kabupaten Garut mengaku keberatan jika hilangnya seismograf terjadi ketika pengelolaan Gunung Papandayan oleh swasta. “Saya keberatan, karena kami sebelumnya mendapatkan laporan dari BPMVG bahwa seismograf ini sering hilang sebelum TWA Gunung Papandayan dikelola oleh kami,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.