Sejak Mei 2020, 7 Nakes Ciamis Positif Covid-19

126
0

CIAMIS – Tujuh tenaga medis (nakes) terpapar Covid-19. Kasusnya tercatat mulai Mei sampai September 2020. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis dr Bayu Yudiawan kepada Radar, Kamis (10/9).

Dia menjelaskan tujuh tenaga medis tersebut terdiri dari dokter, perawat, bidan dan analis kesehatan. Lima di antaranya sembuh. Dua orang lagi masih menjalani isolasi mandiri.

Baca juga : Gong Perdamaian du Ciamis Jadi Simbol Persaudaraan

“Semoga semuanya bisa kembali sehat dan bisa beraktivitas kembali serta kami imbau jangan kucilkan yang kena corona, namun berikan semangat dan motivasi agar mereka bisa bangkit lagi rasa kepercayaannya,” ujarnya.

Adapun total kasus Covid-19 di Ciamis sampai Kamis 10 September 2020. Kasus positif 39. Sembuh 31 orang. Yang masih aktif positif enam orang dan meninggal dua orang.

“Jadi kita ketahui mengalami peningkatan, makanya diimbau masyarakat terapkan protokol kesehatan tiap hari demi keselamatan semuanya,” jelasnya.

Sejak April, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis telah melakukan pemeriksaan Covid-19 melalui swab test sebanyak 7.074 dan dengan rapid test sebanyak 3.630. Sehingga total tes Covid-19 yang sudah dilakukan di Kabupaten Ciamis 10.704. Dari 10.704 orang yang telah dites itu, sebanyak 8.100 diantaranya dinyatakan negatif dan 2.455 orang masih dalam proses pemeriksaan.

“Sampai Kamis 9 September 2020 distribusi kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis tercatat 110 orang terindentifikasi reaktif melalui pemeriksaan rapid, sedangkan 39 orang terkonfirmasi positif Covid-19 melalui pemeriksaan PCR, 31 orang diantaranya dinyatakan sembuh, dua orang meninggal dan 6 orang masih berstatus aktif,” paparnya.

Seiring semakin banyaknya jumlah tes, maka tren perkembangan Covid-19 terus bertambah.

Baca juga : Pilkades Serentak di Ciamis Minta tak Diundur Lagi

Hasil kajian menunjukkan telah terjadi transmisi lokal Covid-19 di Kabupaten Ciamis, baik melalui cluster keluarga maupun tempat kerja.

“Guna mengurangi risiko penularan Covid-19 saya mohon kerja sama dari semua pihak agar dapat ikut serta berperan aktif dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 sesuai dengan kapasitasnya, saling mengingatkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan dalam segala aktivitas,” ujarnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.