Sejak Tahun Lalu, 700 PJU di Pangandaran Rusak

166
1
DICURI. Batre PJU di tanjakan Cimerak dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Akibatnya PJU tersebut padam.
DICURI. Batre PJU di tanjakan Cimerak dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Akibatnya PJU tersebut padam.

PANGANDARAN – Sebanyak 600 lebih lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dikelola oleh Kabupaten Pangandaran mati. Hal ini disebabkan oleh kerusakan teknis.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran Sutrisno mengatakan, setidaknya ada 2.000 lampu PJU yang pemeliharanya ditanggung oleh Pemkab Pangandaran.

“Akhir tahun 2019, ada 700 PJU yang mati,” katanya kepada Radar, Selasa (13/10).
Dari total kerusakan itu, 200 PJU yang dikelola oleh Pemkab Pangandaran ada di jalur protokol. “Dari mulai Cimerak sampai dengan Padaherang,” tuturnya.

Kata dia, pada anggaran APBD murni 2020, mereka mendapat biaya pemeliharaan sebesar Rp 160 juta, itu termasuk untuk honor pegawai dan lain-lain. “Itupun perbaikan untuk 50 lampu PJU saja,” jelasnya.

Menurutnya, penyebab kerusakan lampu PJU bermacam-macam, ada karena kabel dan aki yang dicuri oleh tangan-tangan jahil. “Kemudian karena ignitor yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Baca juga : Selter Tsunami di Pangandaran Dibersihkan & Diperbaiki

Kata dia, di Pantai Pamugaran saja sekitar 50 meter kabel yang dicuri. Kemudian di Pantai Timur sepanjang 25 meter yang dicuri. “Kemudian PJU yang memakai tenaga surya dicuri batreinya,” kata dia.

Menurutnya, beberapa tiang lampu ada juga yang memakai kabel yang ditanam di bawah tanah dan saat terjadi kerusakan, sulit untuk dicari titiknya. “Sebenarnya lebih aman dari pencurian, tapi saat ada kerusakan sulit dicari,” ujarnya.

Kata dia, saat ini pihaknya tengah mengajukan anggaran dari CSR untuk perbaikan kerusakan PJU itu. “Jadi kita ingin ditinggikan saja, agar tidak terjangkau oleh tangan-tangan jahil. Kemudian dalam satu tiang ada dua lampu,” jelasnya. (den)

Loading...
loading...

1 KOMENTAR

  1. Yg malingnya bisa oknum, pernah ada yg liat jam 01 dinihari menggunkn mobil yg bisa tuk pemeliharaan tiang telpon, masa dinihari ada pemeliharaan kalo bukan nyuriin baterai PJU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.