Sejarah, Lebaran 1441 H Jalur Gentong Tasik Sepi dari Arus Mudik & Balik

306
0

KOTA TASIK – H+2 Lebaran 1441 H, arus lalu lintas kendaraan di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten Tasikmalaya, masih sangat lengang, Selasa (26/05).

Berdasarkan pantauan di lapangan, hanya sedikit kendaraan yang melintas dari kedua arah, baik dari arah Tasikmalaya menuju Bandung atau sebaliknya.

Kondisi itu berbeda 180 derajat dengan momen serupa pada tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, arus di jalan nasional itu, selalu ramai kendaraan baik saat arus mudik maupun arus balik.

“Ini sejarah. Sudah 20 tahun saya tugas di wilayah Polres Tasikmalaya Kota, tiga tahun jadi Kapolsek Kadipaten, baru Lebaran tahun ini sepi,” ujar Kapolsek Kadipaten, AKP Erustiana.

Ia menyebutkan, sejak adanya pandemi Covid-19 kondisi lalu lintas kendaraan di Jalur Gentong cenderung menurun. Puncaknya, saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kendaraan yang melintas semakin sedikit.

Momen Lebaran yang biasanya selalu menjadi puncak ramainya lalu lintas di jalur tengah Jawa Barat itu, juga tak berdampak banyak.

Menurut dia, alih-alih peningkatan, justru terjadi penurunan arus lalu lintas menjelang Lebaran di Jalur Gentong.

“Biasa di sini H-3 padat dan macet dari Gentong sampai Malangbong (Garut). Tapi saat ini, jangankan macet, kepadatan pun tidak ada. Arus balik juga sama, tidak ada kepadatan apalagi kemacetan,” terangnya.

Kendati arus lalu lintas terpantau sepi, menurut dia, polisi tetap bersiaga di lapangan untuk melakukan pemeriksaan.

Bahkan, ia menyebutkan, polisi juga melakukan tindakan dengan memutar balik kendaraan yang melintas, baik dari arah Tasikmalaya maupun dari arah Bandung.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.