Ajax vs Tottenham

Sejarah Unggulkan Tuan Rumah

23

AMSTERDAM – AjaxAmsterdam akan menjamu Tottenham Hotspur di Amsterdam Arena, Amsterdam di leg kedua babak semifinal Liga Champions 2018/19, Kamis (09/5) pukul 02.00 WIB. Di laga penentuan ini, Ajax lebih diunggulkan lolos ke final dibandingkan sang tamu.

Beban Ajax lebih ringan dibandingkan Spurs -julukan Tottenham. Kemenangan 1-0 di kandang Spurs menjadi modal berharga tim asal Belanda itu. Untuk lolos ke final, Ajax hanya butuh hasil seri.

Namun demikian, Spurs bukan tidak punya peluang. Pasukan Mauricio Pochettino masih memiliki peluang lolos. Apalagi, The Lilywhite-julukan lain Tottenham Hotspur sudah bisa diperkuat striker Son Heung-Min.

Sejauh ini, Son mampu menggantikan peran Hary Kane yang mengalami cedera parah. Meski kalah di kandang sendiri pada leg pertama, Spurs tetap percaya mampu membalikkan keadaan. Son yang absen di leg pertama akibat skorsing, bisa kembali memperkuat Tottenham dan tenaganya akan sangat dibutuhkan.

Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez dan Christian Eriksen, para pemain yang sebelumnya pernah memperkuat Ajax Amsterdam diharapkan mampu tampil optimal melawan mantan klubnya.

“Kami punya kepercayaan diri yang kuat. Dan kami sangat yakin bisa mencapai partai puncak. Kami belum habis, karena kami hanya kalah 0-1 di leg pertama,” kata pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino di Telegraph.

Tottenham punya catatan yang kurang menyenangkan di kompetisi Eropa. Mereka hanya menang 5 kali dalam 20 laga tandang terakhir di Eropa. Tercatat Spurs meraih 5 kali kemenangan, 7 kali seri dan 8 kali kalah.

Tottenham menelan 9 kali kalah dan hanya menang 5 kali dalam 15 laga terakhirnya di semua kompetisi. Catatan lainnya, Spurs selalu kalah dalam 5 laga tandang terakhirnya di semua kompetisi. Mereka juga kalah 9 kali dan cuma menang 1 kali dalam 10 laga tandang yang terakhir.

Lima laga terakhir Spurs semuanya selalu berkesudahan dengan 1 gol, di mana mereka 4 kali kalah 0-1 dan cuma 1 kali menang 1-0.

Kondisi berbeda dengan kubu Ajax Amsterdam. Pasukan Erik ten Hag itu dalam kondisi bugar dan siap tempur. Hampir semua pemain terbaik mereka bisa diturunkan dalam laga dinihari nanti.

Andre Onana jadi andalan di bawah mistar, dengan perlindungan Daley Blind dan kapten Matthijs de Ligt di jantung pertahanan. Van de Beek, Frenkie de Jong dan Lasse Schone adalah motor di lini tengah. Sedangkan di lini depan, trio menakutkan David Neres, Ziyech dan DusanTadicsiap memberikan teror sejak menit awal hingga akhir pertandingan.

Pelatih Erik ten Hag percaya kalau timnya bisa tampil lebih baik lagi dibandingkan saat bermain di London pada leg pertama. “Menang 1-0 di Tottenham adalah hasil yang luar biasa dan awal yang bagus. Kami harus belajar dari pengalaman. Kami tahu kami bisa tampil jauh lebih baik lagi (di leg kedua),” kata ten Hag

Kepercayaan diri Ajax memang sedang luar biasa. Mereka baru saja meraih gelar juara KNVB Cup pertamanya sejak 2010, dan yang ke-19, dengan kemenangan 4-0 atas Willem II. Sukses itu bisa menjadi suntikan motivasi bagi Ajax untuk menuntaskan pekerjaan mereka dan memastikan lolos ke final. (ruf/fin/wsa)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.