Sejumlah Jalan di Wilayah Perkotaan Garut Rusak

115
0
JALAN RUSAK. Warga di Jalan Gatot Subroto tepatnya di Kampung Cihaur Desa Lebakagung Kecamatan Karangpawitan menambal jalan berlubang dengan semen Selasa (26/2). Warga mengeluh karena jalan tersebut tidak kunjung diperbaiki.Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Beberapa ruas jalan di wilayah perkotaan Garut rusak. Kondisi tersebut dikeluhkan warga dan pengguna jalan. Seperti yang dikatakan Sambas (43), warga Jalan Gatot Subroto Kampung Cihaur Desa Lebakagung Kecamatan Karangpawitan.

Menurut dia, kondisi jalan saat ini banyak yang bolong sehingga mengancam pengendara yang melintas. “Seperti di daerah saya ini, banyak yang bolong dan ada warga di sini menjadi korbannya, terjatuh dari motor,” ujarnya kepada wartawan Selasa (26/2).

Meski kondisi jalan membahayakan, sampai saat ini dirinya belum melihat ada tindakan dari pemerintah kabupaten atau provinsi memperbaiki jalan. “Rusak parahnya dua bulan terakhir, tetapi belum ada perbaikan,” terangnya.

Dia mengatakan untuk mengantisipasi supaya tidak ada kecelakaan akibat jalan berlubang, masyarakat berinisiatif menambal jalan dengan semen. “Kita tambal pakai adukan semen. Daripada lebih parah lagi dan banyak korban, mendingan diperbaiki,” terangnya.

Hal senada dikatakan warga lainnya, Ropik Nurjaman (35). Menurut dia, rusaknya jalan akibat tidak berfungsinya saluran air, sehingga ketika turun hujan air menggenangi jalan. “Jalan cepat rusak karena saluran air tidak berfungsi,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut H Uu Saepudin mengakui saat ini kondisi jalan di wilayah perkotaan sudah banyak yang rusak. “Memang sudah banyak yang bolong-bolong. Kerusakan jalan ini bukan hanya di perkotaan saja, tetapi di wilayah lain juga ada,” terangnya.

Meski begitu, pihaknya belum bisa memperbaiki jalan yang rusak karena terbentur anggaran. Selain itu, musim hujan jadi kendala dalam perbaikan jalan. “Sekarang lagi musim hujan, kita belum bisa lakukan. Karena percuma tidak akan benar kalau diperbaiki juga,” terangnya.

Dia berjanji akan memperbaiki jalan rusak ketika musim kemarau. Dalam perbaikan, pihaknya hanya menambal saja, tidak memperbaiki seluruhnya karena tidak ada anggaran. “Kami gunakan anggaran pemeliharan dalam perbaikan jalan bolong ini, tidak pengaspalan seluruhnya,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.