Sekda Ciamis yang Baru Diminta Mampu Bina ASN, Informatif & Loyal

116
0

CIAMIS – Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis Aos Firdaus menjelaskan siapa pun yang akan menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis harus mampu membina ASN di Kabupaten Ciamis dan bisa lebih mengedepankan informasi publik.

Jangan sampai saat publik meminta data, namun dinas beralasan harus ada surat rekomendasi dari bupati. “Padahal kan kita tujuanya kepada dinas tersebut,” kata Aos, Rabu (4/11).

Sekda juga harus mampu menjalankan peraturan terkait masalah ASN dan kompak dengan bupatiu.

“Jangan sampai sekda itu tidak mematuhi apa yang sudah menjadi peraturan yang telah ditetapkan, baik peraturan presiden atau undang-undang, perda atau perbub dan sebagainya,” ujarnya.

Anggota DPRD Komisi A Ciamis Fraksi Demokrat Nur Muttaqin S berharap siapa pun sekda terpilih nanti harus bisa loyal terhadap pimpinan.

Dalam arti luas, sekda sebagai komandan ASN harus bisa menjadi komunikator SKPD sehingga bisa lebih cepat mengeksekusi kebijakan-kebijakan strategis yang prioritas.

Dia juga berharap Sekda Ciamis ke depan memiliki beban yang sangat berat, terutama di masa pandemi ini sehingga mengimplementasikan visi misi bupati harus betul-betul selektif.

“Di satu sisi penanganan Covid-19, di sisi lain harus menentukan skala prioritas visi misi yang tertuang dalam RPJMD,” ujarnya.

Terakhir, kata dia, tugas sekda baru nanti yang tidak kalah berat adalah melakukan terobosan-terobosan (inovatif) dalam rangka memaksimalkan sektor pelayanan masyarakat dan sektor pendapatan daerah.

Baca juga : Polisi Ciamis Tangkap Warga Kota Bandung yang Bawa 48.000 Butir Hexymer

Sebelumnya, Selasa (3/11), Pemkab Ciamis mengadakan Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis di Aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya.

Herdiat menjelaskan, open bidding, dilaksanakan beberapa waktu lalu namun tidak ada peminat. Tidak ada yang mendaftarkan diri mengikuti Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Sekda.

Untuk itu, Pemkab melaksanakan uji kompetensi calon sekda yang diikuti enam pejabat.

Yaitu Kepala Dinas Pariwisata Wasdi Ijudin, Kepala Dinas Pendikan Ciamis H Tatang, Kalak BPBD Ciamis Dadang dan Kadis PUPRP Ciamis Aef Saefulloh. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.