Sekda Kota Tasik Bakar Kursi, Meja, Hardisk dll, Ini Alasannya..

100
0

KOTA TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya memusnahkan 569 unit asetnya dengan cara dibakar, Jumat (27/12) siang di belakang Kantor BPK.

Aset yang dibakar ini karena sudah tak bisa dipakai dan kondisinya telah rusak. Hal ini diungkapkan Sekda Kota Tasik, Ivan Dicksan.

“Ini kan bagian dari upaya penertiban aset. Jadi BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) dalam hal ini bidang aset dari data-data barang infentaris yang ada di OPD dan unit-unit kerja kemudian dipilih,” ujar Ivan kepada radartasikmalaya.com.

Terang Ivan, aset yang dimusnahkan ini ada yang nilai ekonomisnya sudah habis dan yang sudah tidak layak pakai. Dan barang-barang ini telah dikumpulkan di DPKAD.

“Kemudian kemarin itu ada aset yang dilelang. Seperti mobil yang kemarin dilelang ada sekitar 1617 unit yang dilakukan pelelangan di KPNL,” terangnya.

“Dan yang sudah terjual dengan harga totalnya Rp 855 juta. Kemudian sisanya barang-barang yang tidak bisa digunakan, maka harus dimusnahkan. Jadi yang kita musnahkan ini ada 569 unit dengan nilai perolehannya sekitar Rp 386 juta,” sambungnya.

Tukas Ivan, meski demikian, nilai Rp 386 juta itu saat didapat atau ketika dibeli.

“Tapi kan ini pada saat nilai diperoleh. Tapi sekarang ini nilainya sudah tidak ada karena barangnya sudah rusak dan tak bisa dipakai. Maka kita musnahkan,” bebernya.

Ivan menambahkan, yang dimusnahkan ini adalah mebeler, meja dan kursi yang sudah rusak. Kemudian juga ada hardisk-hardisk.

“Jadi kita itu kemarin seperti laptop bekas dan komputer bekas itu fisiknya bisa kita lelang tapi hardisknya kita amankan,” tambahnya.

Karena terkait dengan data-data yang ada di dalamnya, sehingga hardisknya sudah dkcabut semua, data di dalamnya sudah disimpan di server lalu dimusnahkan hari ini hardisk yang sudah tak terpakai.

“Ini aset ada yang dari sejak Pemkot berdiri, ada yang warisan dari kabupaten. Rata-rata ini sudah di atas usia Pemkot kebanyakan. Karena memang sudah tua dan sudah tak bisa dipakai. Mebeler memang jika masih bisa digunakan ya kita pakai. Tapi yang ini karena kondisinya sudah rusak sehingga dimusnahkan,” tandasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.