Sekjen PSSI Diperiksa Bareskrim

20

JAKARTA – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri memanggil lima saksi untuk diperiksa terkait penyelidikan kasus mafia pengaturan skor pertandingan sepak bola.

Lima saksi adalah Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Manajer Madura FC Januar Herwanto, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Berlington Siahaan, Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Richard Sambera dan Sekjen BOPI Andreas Marbun.

“Pada hari ini (kemarin, Red) tim Dittipidkor memanggil lima orang untuk diperiksa. Mereka akan diminta keterangan secara awal. Karena diduga mengetahui maupun paham mekanisme dalam pertandingan sepak bola,” kata Karopenmas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (21/12).

Lima saksi ini diperiksa penyidik untuk mendalami alat bukti yang dimiliki penyidik. Selain kelima orang ini, penyidik rencananya juga akan meminta keterangan beberapa orang lainnya pekan depan. “Nanti Rabu, Kamis dan Jumat (pekan depan) akan dipanggil beberapa saksi lagi,” jelasnya.

Dalam penanganan kasus ini, Polri akan membentuk Satgas Anti Pengaturan Skor. Satgas ini bekerjasama dengan PSSI dan pemangku kepentingan sepak bola lainnya untuk mengusut kasus ini. Dedi Prasetyo memastikan satgas bekerja sebelum Liga 1 Indonesia musim 2019 dimulai.

Dalam kasus ini ada dugaan penyuapan atau percobaan penyuapan kepada seseorang terkait pengaturan skor pertandingan sepak bola sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap.

Seperti diketahui, kasus pengaturan skor merembet ke Timnas Indonesia dalam pertandingan final Piala AFF 2010 lalu kembali mencuat. Terangkatnya kasus itu setelah manajer Timnas Indonesia saat itu, Andi Darussalam Tabussala (ADT) bercerita mengenai keganjilan partai final menghadapi Malaysia itu dalam acara Mata Najwa yang bertajuk ‘PSSI Bisa Apa Jilid 2’, Rabu (19/12) malam lalu.

ADT membeberkan soal permainan kotor yang menjadi bahan gosip sepak bola tanah air selama delapan tahun terakhir belakangan ini. Banyak isu menyebutkan bahwa pejabat Timnas Indonesia terlibat dalam pengaturan skor di final Piala AFF 2010 tersebut. (ant/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.