Sekolah Pinggiran Memprihatinkan

31

CILACAP – Meski prioritas pertama pembangunan sekolah adalah sekolah yang ruang kelasnya rusak parah, sampai saat ini di wilayah pinggiran Cilacap masih ditemukan sekolah dengan ruang kelas yang memprihatinkan.

Salah satu sekolah dengan kondisi ruang kelas yang memprihatinkan tersebut yaitu SMPN 2 Kampung Laut. Kepala SMPN 2 Kampung Laut Narjo mengatakan, ruang kelas di SMPN 2 Kampung Laut yang tidak bisa dipakai dua kelas.

Namun menurutnya, ruang kelas yang lainnya juga berada dalam kondisinya yang sangat memprihatinkan. “Jika air pasang halaman tergenang air,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, di sekolahnya juga terdapat kelas yang selalu kebanjiran sepanjang tahun dan tidak pernah dipakai. Tahun 2018, SMPN 2 Kampung Laut mendapatkan bantuan paving untuk halaman depan dari kabupaten, tetapi masih kurang.

Selain itu ada bantuan rehab ruang kelas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Juga masih kurang. Pokoknya kondisi sekolah sangat memprihatinkan dibanding dengan sekolah lainnya,” pungkas dia.

Plt Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Cilacap Sumbowo berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap memprioritaskan pembangunan sekolah adalah yang ruang kelasnya rusak parah.

“Jangan sampai ada ruang kelas yang kondisinya rusak di Cilacap,” ujarnya. Dia menjelaskan, setelah prioritas pertama barulah masuk pada prioritas kedua yaitu membangun ruang kelas baru.

Kelas baru dibangun jika jumlah peserta didik sudah melampaui dari kapasitas ruangan. Setelah itu baru prioritas ketiga mendukung sarana dan prasarana yang lain.

“Seperti pagar, halaman dan sebagainya,” pungkas dia. (yda/fin)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.