Sekretariat PPS Di Garut ”Diusir”

448
0
ANTO SUGIARTO / RADAR TASIKMALAYA PENGAMBILAN SUMPAH. Ketua KPU Kota Banjar Dani Danial Mukhlis SPdI memimpin pengambilan sumpah anggota PPS di aula setda Sabtu (11/11).

TAROGONG KALER – Pemerintah Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler menganulir izin penempatan sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat dan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Garut di kantor desa setempat.
Surat pencabutan izin kesekretariatan PPS tersebut disampaikan Pemerintah Desa Rancabango kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tarogong Kaler Senin siang (13/11).
“Surat pencabutan kesekretariatan PPS kepada PPK ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa Rancabango H Gunardi tadi (kemarin, Red) pagi,” ujar Sekretaris Desa Rancabango Muslihat Sapaat SP kepada wartawan kemarin siang.
Menurut dia, penyerahan surat ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara Kepala Desa Rancabango, Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Tarogong Kaler dan KPU Kabupaten Garut terkait masalah perekrutan anggota PPS pada Jumat (10/11).
Hasil pertemuan tersebut, kata dia, KPU tidak melibatkan pemerintah desa dalam rekrutmen anggota PPS untuk penyelenggaraan pilkada serentak 2018. KPU hanya memasang baliho pengumuman tanpa ada koordinasi dengan pemerintah desa.
“Kami juga menganggap banyak kejanggalan dalam rekrutmen PPS ini,” terangnya saat ditemui di Kantor Desa Rancabango kemarin.
Muslihat menganggap anggota PPS Desa Rancabango yang sudah terpilih merupakan orang-orang baru yang tidak hafal kondisi sosial, peta wilayah, jumlah penduduk dan TPS (tempat pemungutan suara) di Desa Rancabango. Sementara anggota PPS yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya tidak ada satu pun yang lolos seleksi.
“Sebaiknya KPU koordinasi dengan pihak desa agar penyelenggaraan pilkada sukses dan berjalan lancar. Paling tidak minta rekomendasi siapa saja yang layak dan bisa menjadi anggota PPS,” terang dia.
Ketua PPK Kecamatan Tarogong Kaler Dede Sudrajat membenarkan ada penyerahan surat pencabutan kesekretarian dari Desa Rancabango yang ditujukan ke KPU melalui PPK. Permasalahan tersebut akan dikoordinasikan dengan Camat Tarogong Kaler selaku pembina wilayah. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.