Selain Antisipasi Corona, Pantai Cipatujah Tasik tak Aman Sepekan Kedepan

530
0

KABUPATEN TASIK – Selain antisipasi sebaran Corona di kawasan Wisata Pantai Selatan Cipatujah Tasikmalaya, ternyata kawasan wisata pantai tersebut saat ini sedang mengalami gelombang tinggi, hingga mencapai 6 meter.

Ketua Nelayan Pamayangsari Cipatujah, Sana Sopyana mengungkapkan gelombang pasang terjadi sejak Selasa (26/5) dan diprediksi terjadi hingga satu Minggu kedepan.

“Baru dua hari dengan sekarang, air laut pasang dan masuk ke pesisir pantai. Sampai merendam masuk air laut ke warung milik warga di pesisir pantai,” kata Sana, kepada Radar.

Mulai Pantai Cipatujah, Sindangkerta, Karangtawulan, Kalapagenep dan Pamayang di wilayah tersebut hampir setiap hari terjadi air laut pasang.

Kepala Satuan Polisi Air (Polair) Tasik, AKP Komarudin mengatakan, sebelumnya, Pantai Cipatujah dan Sindangkerta ditutup sejak ada imbauan dari pemerintah, mengenai Pandemi Covid-19.

“Kita hanya patroli saja. Memang benar sudah ditutup sekarang semuanya,” ujarnya kepada wartawan.

“Tapi, kita fokuskan di Pamayang karena di sana ada dermaga di pinggir jalan, jadi masih ada warga yang singgah ) sebentar. Kita sifatnya hanya patroli saja dan mengimbau supaya tak berkerumun,” sambungnya.

Selain kondisi sepi di sepanjang kawasan pantai, Komarodin mengaku tengah mewaspasdai banjir rob akibat beberapa hari terjadi pasang air laut.

Bahkan, gelombang pasang air laut di tengah bisa mencapai tinggi 5 meter lebih dan bisa berisiko bagi para nelayan.

Sehingga, sebagian besar para nelayan setempat mengurungkan kegiatan sehari-harinya melaut untuk mencari ikan.

“Untuk gelombang pasang dari kemarin-kemarin memang besar. Sampai sekarang juga nelayan tak ada yang melaut. Tinggi gelombang bisa sampai 6 meter. Hempasan air lautnya juga sampai ke warung bahkan jalan raya. Khususnya di Penangkaran Penyu. Itu sampai naik ke jalan,” jelasnya.

Selama ini, Komarudin masih khawatir gelombang tinggi akan terjadi pada malam hari.

Pihaknya pun terus berpatroli di kawasan pantai dan mengimbau kepada masyarakat untuk waspada banjir rob saat pasang air laut selama ini.

Berikut video Netizen, gelombang tinggi di Pantai Pamayang Tasikmalaya :

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.