Selama 2019, Dinas Perwaskim Kota Tasik Rehabilitasi 1.075 RTLH

101
0

KOTA TASIK – Banyak sekali program kegiatan yang telah dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Kota Tasikmalaya, selama 2019 ini.

Salah satunya program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 1.075 rumah.

Yang dibiayai bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Pusat (BSPS) sebanyak 325 rumah, APBD Provinsi Jawa Barat sebanyak 600 rumah dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 150 rumah.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Perwaskim, Yono S Karso yang didampingi Sekretaris Dinas Perwaskim, Dudi A Holidi.

“Adapun RTLH di Kota Tasik ini menurut Basis Data Terpadu (BDT) pada tahun 2017 sebanyak 12.504 rumah. RTLH ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011, tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Selasa (18/12).

Terang dia, hal ini telah dijelaskan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidaup yang baik dan sehat yang merupakan kebutuhan dasar manusia.

“Hal ini tentunya memiliki peran yang sangat strategis dalam pembentukan watak, karakter serta kepribadian bangsa dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya yang berjati diri, mandiri dan produktif,” terangnya.

“Dalam Undang-Undang juga ditekankan bahwa Negara bertanggung jawab untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia melalui penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman agar masyarakat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak dalam perumahan yang sehat, aman, harmonis dan berkelanjutan,” sambungnya.

Disamping itu, beber dia, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Dinas Perwaskim juga melaksanakan intervensi penyelenggaraan dan pengelolaan PSU perumahan.

“Jumlah perumahan Formal yang ada di Kota Tasikmalaya sampai dengan Oktober 2019 ini sebanyak 269 perumahan. Pada Tahun 2019 kita berhasil melakukan serahterima dari pengembang ke Pemkot Tasik sebanyak 19 perumahan, sedangkan yang diverifikasi sebanyak 20 perumahan,” bebernya.

Jelas dia, sedangkan total jumlah perumahan yang telah diserahterimakan kepada Pemkot Tasik sampai dengan tahun 2019 ini, tambah dia, sebanyak 38 Perumahan dari 269 Perumahan yang ada di Kota Tasikmalaya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.