Selama Liburan, Terjadi 13 Kecelakaan Laut di Pangandaran

303
0
NIKMATI SUASANA. Pantai Pangandaran dipadati wisatawan dari berbagai daerah untuk memanfaatkan hari libur Lebaran, Minggu (9/6). (Deni Nurdinasah / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Selama libur panjang Lebaran yang dimulai dari tanggal 6 Juni terjadi beberapa kali kecelakaan laut dan serangan ubur-ubur di Pantai Pangandaran dan Barukaras.

Sekretaris Balawista Kabupaten Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan dalam kurun waktu tiga hari, ada 13 kecelakaan laut yang terjadi di Pantai Pangandaran.

”Rata- rata mereka terseret arus laut yang cukup kencang, saat berenang di area terlarang,” ungkapnya kepada Radar, Minggu (9/6).

Menurut Asep, dari 13 kecelakaan laut tersebut semuanya berhasil diselamatkan dan tidak ada satupun yang menjadi korban jiwa. ”Rata-rata korban terseret arus berusia 30 tahun ke bawah,” ujarnya.

Lanjut dia, kejadian kecelakaan laut kerap terjadi setiap libur Lebaran, karena wisatawan kerap tidak mengindahkan rambu-rambu larangan berenang.

”Padahal kami sudah memasangnya di setiap area berbahaya, tapi mereka kerap tidak peduli,” terangnya.

Selain kecelakaan laut, ada 127 kehilangan barang dan anak yang terpisah dari orang tuanya salama waktu liburan. ”Mereka yang terpisah, ada juga yang usianya masih remaja,” katanya.

Sementara di Objek Wisata Batukaras, terjadi serangan ubur-ubur ke sejumlah wisatawan, Asep mencatat ada 3-5 serangan yang terjadi. ”Tapi tidak sampai membuat pingsan wisatawan, mereka hanya mengalami lecet saja,” tuturnya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan di Pantai Pangandaran mengalami puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu (8-9/6). ”Kalau hari Minggu sudah ramai lancar, tidak terjadi macet lagi,” jelasnya.

Selama libur Lebaran, Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Kepolisian, Tagana dan beberapa pihak membangun beberapa posko pengaduan dan kesehatan di beberapa objek wisata, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.