Selama Wabah Corona, Volume Sampah di Kota Tasik Turun 6 Ton Per Hari

121
0
BERSIHKAN SAMPAH. Petugas kebersihan membersihkan sampah di tempat pembuangan sampah di Pasar Cikurubuk Rabu (29/4). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA  

CIKURUBUK – Volume sampah di wilayah Kota Tasikmalaya selama wabah Covid-19 mengalami penurunan setiap harinya.

“Kondisi biasa volume sampah rata-rata 156 ton per hari, namun sekarang masa Covid-19 rata-rata 150 sampai 152 ton per harinya,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan kepada Radar, Rabu (28/4).

Baca juga : Pembahasan LKPJ Bupati Tasik antara Legislatif Vs Eksekutif Dijadwal Ulang

Iwan menyebutkan, penurunan volume sampah tersebut karena ber­kurangnya aktivitas masyarakat yang banyak di am di rumah, jumlah ta­mu hotel menurun, pembeli di ru­mah makan dan restoran berkurang ka­rena ada pembatasan, bahkan seba­gian ada yang buka ada yang tutup.

“Biasanya kalau bulan puasa dominan sampah plastik, karena banyak pedagang musiman menjual aneka kolek dan minuman yang dikemas dengan bahan plastik,” kata dia menjelaskan.

Sementara itu, untuk petugas kebersihan hingga saat ini, kata Iwan, masih berjalan seperti biasa. Semua tidak ada yang libur kecuali Jum’at.

Selama Covid-19, dia mengimbau warga agar sampah masker yang sekali pakai agar tidak di buang sembarangan.

Sebaiknya sampah itu sebelum dibuang semprot dulu dengan desinfektan. Lalu digunting menjadi beberapa bagian agar masker tersebut tidak disalahgunakan.

Baca juga : Bapak Bejat Warga Bantarkalong Tasik Ini Setubuhi Anak Tirinya

“Kami juga menginstruksikan kepada seluruh petugas agar sampah masker dipisahkan jangan tercampur dengan sampah yang biasa untuk memudahkan pemusnahan di TPA,” kata Iwan. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.