Selamat Tinggal Johann Zarco

11
0
Johann Zarco

Masa depan Johann Zarco bersama tim KTM akhirnya terjawab. Senin (12/8), KTM mengumumkan bahwa Zarco akan meninggalkan KTM setelah setahun menggawangi pabrikan motor Austria itu di MotoGP. Padahal, kontraknya berakhir 2020.

Dikutip dari Crash, motif pengunduran diri pembalap 29 tahun karena problem teknis. Selama setahun menunggangi RC16, kuda besi KTM-nya, ia hanya mentok di posisi 10. Berbeda jauh saat membawa enam podium bersama di Tech3 Yamaha, dua tahun lalu.

Sejak seri pertama dimulai, Zarco membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan RC16 KTM. Seperti di seri Qatar dan Argentina, Zarco cuma menduduki posisi 15.

“Johann Zarco dan Red Bull KTM tidak akan menyelesaikan musim kedua dari perjanjian dua tahun bersama pada tahun 2020. Mantan Juara Dunia Moto2 dan kami telah memutuskan untuk mengakhiri tugasnya hingga akhir musim ini,” tulis pernyataan resmi KTM, kemarin.

Zarco bergabung bersama KTM menjelang akhir 2018 lalu. Selama race berlangsung, Zarco mencoba menyesuaikan gayanya ke KTM RC16. Sementara tim pabrikan juga berusaha mengubah mesin sesuai keinginannya. Sayang, hasil yang diperoleh jauh dari kata lumayan.

Sementara rekan setimnya Zarco di KTM, Pol Espargaro memahami situasi tersebut. Menurutnya, keputusan itu adalah permintaan Zarco pribadi.

Dilansir dari Speedweek, KTM telah menyiapkan pengganti Zarco. “Jika Zarco berhenti, Mika Kallio akan menggantikan posisinya hingga akhir musim,” kata anggota dewan KTM Hubert Trunkenpolz.

Hingga kini belum ada kejelasan, tim mana yang akan menjadi pelabuhan Zarco musim depan. Hanya ada dua kursi yang tersedia di MotoGP yakni Takaaki Nakagami yang akan putus kontrak bersama LCR Honda dan kursi Pramac Ducati Jack Miller. Kendati demikian, ada banyak slot World Superbike bagi Zarco yang siap diperebutkan. (fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.