Selamatkan Suara Kaum Disabilitas

160
0
SOSIALISASI. KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar sosialisasi Pilgub Jabar kepada kaum disabilitas di SLB Aisyiyah Singaparna, Selasa (8/5).
Loading...

SINGAPARNA – Kaum disabilitas menjadi salah satu target Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya dalam sosialisasi untuk meraih sukses pada penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya H Deden Nurul Hidayat ST MM mengatakan sosialisasi ini difokuskan kepada pemilih kaum disabilitas. Walaupun keterbetasan, mereka merupakan masyarakat yang memiliki hak suara dan harus diamankan untuk bisa menyalurkannya. “Semuanya harus mengetahui tentang pilgub termasuk kaum disabilitas, mulai dari siapa calonnya, tata cara memilihnya hingga tahapan pelaksanaannya,” ujarnya kepada wartawan usai sosialisasi di SLB Aisyiyah Singaparna, Selasa (8/5).

Sosialisasi yang dilakukan kepada kaum disabilitas ini memang khusus, pasalnya penyampaian materinya dilakukan oleh pembimbing yang juga guru di SLB tersebut.

Tidak hanya sosialisasi seperti ini yang diberikan kepada kaum disabilitas dalam mengamankan suaranya. KPU juga akan memudahkan bagi mereka dalam melakukan pemilihan saat berada di tempat pemungutan suara (TPS). “Di TPS kita sediakan alat bantu untuk pemilih disabilitas,” terangnya.

Jelas Deden, dari 3.020 TPS untuk Pilgub Jabar hanya ada 476 tempat pemungutan suara yang terdapat pemilih kaum disabilitas dengan jumlah mencapai 622 orang.

Loading...

Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Cabang Kabupaten Tasikmalaya Jajang Riza Amarullah mengaku sosialisasi Pilgub Jabar ini sudah cukup menyentuh kaum disabilitas, walaupun belum secara masif. “Ini harus ditindaklanjuti juga oleh PPK dan PPS, sehingga tidak ada lagi cerita kalau kaum disabilitas tidak mengetahui tata cara pemilihan,” harapnya. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.