Pemkab Sudah Kantongi Surat Keputusan Presiden dan Fraksi-Fraksi Siap Objektif Tentukan Wakil Bupati

Selangkah Lagi Ade Definitif

6

SINGAPARNA – Surat keputusan presiden (kepres) terkait pelantikan Uu Ruzhanul Ulum sebagai wakil gubernur Jabar yang menjadi dasar pengusulan Ade Sugianto menjadi bupati definitif sudah diterima, Selasa (18/9).

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ir H Zaenal Purkon mengatakan setelah kepres tersebut diterima, langkah selanjutnya adalah penyerahan kepada DPRD untuk dilakukan pembahasan di Badan Musyawarah (Banmus).

Hasilnya untuk pengusulan Ade Sugianto menjadi bupati definitif kepada Kemendagri berdasarkan adanya kekosongan karena Uu Ruzhanul Ulum menjadi wakil gubernur Jabar. “Ya minggu ini mudah-mudahan mulai dibahas Banmus yang kemudian ditindaklanjuti pada rapat paripurna dan mengusulkannya ke pemerintah pusat melalui provinsi,” katanya kepada Radar kemarin.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya Drs H Ending Sunaryo SPd mengatakan pihaknya akan sangat objektif dalam penentuan wakil bupati yang kewenangannya ada di DPRD. “Ya kita akan objektif, tapi tetap ada lobi-lobi politik dengan fraksi lainnya untuk menyepakati satu nama terbaik,” terangnya.

Lanjut Ending, sebelum menentukan pilihan akan melakukan pembicaraan dengan partai pengusung. Karena sebagaimana diketahui bahwa pada Pilkada 2015 Golkar merupakan partai pendukung Uu-Ade. Jadi kemungkinan besar akan memilih wakil bupati sesuai yang diharapkan koalisi dan Ade Sugianto.

Ketua Fraksi PKB Kabupaten Tasikmalaya H Jejeng Zaenal Muttaqin SHi menjelaskan sampai saat ini belum tahu seperti apa kehendak dari bupati definitif yang akan mengusulkan nama wabup. “Ketika nanti akan dilakukan pemilihan, tentu kita akan koordinasi dengan DPC serta mendengar saran dan pendapat dari DPW PKB siapa nama yang harus dipilih,” katanya.

Sekretaris Fraksi PPP Kabupaten Tasikmalaya Dr H Basuki Rahmat MSi mengatakan pihaknya akan objektif dalam penentuan wakil bupati. Apalagi secara politik PPP merupakan partai pemenang dan pengusung. “Jadi PPP berhak dan akan memperjuangkan serta mempunyai hak mengusulkan nama melalui partai pengusung,” terangnya.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya Ferry Willyam ST menjelaskan bahwa sikapnya pasti objektif dalam pelaksanaan pemilihan wakil bupati yang merupakan kewenangan DPRD. “Kita pasti objektif dan mengikuti peraturan,” tandasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.