Seleksi Panwascam Berbasis CAT

236
0
MENDAFTAR. Pelamar panwascam menyerahkan berkas persyaratan di Kantor Bawaslu, Rabu (27/11). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Hari pertama penerimaan berkas persyaratan panwascam sudah mulai dipenuhi puluhan pendaftar, Rabu (27/11). Penerimaan berkas persyaratan dibuka dari 27 November hingga 3 Desember 2019.

Setelah mengirimkan berkas persyaratan, para pelamar akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes tulis dengan metode computer assisted test (CAT) dan tes wawancara.

Koordinator Divisi (Koordiv) Sumber Daya Manusia dan Organiasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya R Setia Surya menjelaskan, hari pertama penerimaan berkas persyaratan sudah ada puluhan pelamar.

“Kita mulai buka penerimaan persyaratan 27 November secara umum sampai 3 Desember. Dibuka setiap hari bahkan Sabtu-Minggu pun dibuka. Dari pukul 08.00-16.00. Hari terakhir 3 Desember kita buka sampai pukul 24.00,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Surya memprediksi di akhir-akhir penerimaan berkas persyaratan pelamar biasanya membludak. Biasanya sampai ratusan calon dari semua daerah pemilihan (dapil) se-Kabupaten Tasikmalaya. “Secara keseluruhan jumlah panwascam yang akan kita rekrut 117 orang, satu kecamatan tiga orang,” kata dia.

Dia menambahkan, dalam rekrutmen panwascam jelang Pilkada 2020 memang ada yang berbeda, seperti dari sisi teknis pendaftaran. Setiap peserta diwajibkan mengisi Sistem Informasi Penyelenggaraan Pemilu (SIPP) yang diisi secara online dan peserta diwajibkan mengisi angket.

“Mengenai pengisian angket, tujuannya untuk menguji standar pelayanan publik bagi peserta. Sejauh mana Bawaslu dapat melayani dalam proses pendaftaran secara transparan dan informatif,” katanya.

Kemudian, tambah dia, yang berbeda lainnya adalah dalam tes tulis dengan metode CAT atau mengisi jawaban tes di komputer. Berbeda dengan tahun lalu pakai alat tulis dan kertas.

“Mudah-mudahan sesuai jadwal, para pelamar panwascam yang lolos dan diterima. Ditetapkan pada 18 Desember 2019 dan dilantik 20 Desember 2019,” kata dia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda SIP menambahkan, diharapkan seluruh masyarakat yang ingin melamar silahkan datang ke Bawaslu dengan membawa persyaratan yang ditentukan.

“Kami harap antusias masyarakat untuk melamar sebagai panwascam bisa lebih besar, karena ini untuk menjadi pengawas pemilu di tingkat kecamatan,” kata Dodi.

Salah satu pelamar panwascam asal Kecamatan Cineam Agus mengaku termotivasi ikut melamar karena ingin ikut mengabdi dan menyukseskan pesta politik lima tahunan.

“Mudah-mudahan lolos persyaratan, tes dan wawancaranya. Ya yang dipersiapkan berkas persyaratan, kemudian membaca kembali peraturan dan undang-undang pengawasan, termasuk persiapkan diri saat nanti tes wawancara,” kata Agus. (dik)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.