Seleksi Sekda, Bupati Garut Undang ASN dari Luar Daerah

62
0

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten Garut akan segera melaksanakan open bidding atau seleksi untuk posisi sekretaris daerah (sekda) definitif.

Namun, untuk seleksi tersebut dibutuhkan anggaran sekitar Rp 500 juta. Hal itu diungkapkan Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada Rakyat Garut, Rabu (15/7).

Kata dia, rencananya pelaksanaan seleksi terbuka sekda akan dilaksanakan pada Anggaran Perubahan 2020, sehingga bisa dialokasikan anggaran untuk seleksi tersebut.

“Untuk seleksi sekda definitif kemungkinan pada anggaran perubahan, karena memerlukan biaya yang cukup besar sektiar Rp 500 juta,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : 5 Tim Medis Garut Positif Corona

Menurut dia, anggaran untuk proses seleksi sekda definitif ini diperkirakan mencapai Rp 500 juta. Anggaran itu untuk memenuhi kebutuhan mulai dari rapat-rapat, panitia seleksi hingga pengumuman open bidding di media cetak.

“Tadinya saya ingin secepatnya, karena anggarannya belum ada. Jadi kita anggarkan dulu di perubahan (tahun ini, Red),” terangnya.

Rudy menerangkan, pengisian jabatan sekda ini memang belum urgen, karena saat ini ada penjabat sementara yang kedudukannya sama dengan sekda definitif.

“Sekarang ada perpres yang mengatur tentang kedudukan penjabat sementara yang ada saat ini memiliki kewenangan yang penuh sama dengan kedudukan sekda definitif,” katanya, menjelaskan.

Mengenai tahapan seleksi sekda ini, kata dia, sekarang belum dilakukan karena syarat izin pelaksanaan seleksi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) harus ada dokumen pelaksana anggaran (DPA).

Sehingga jika belum ada anggarannya proses tersebut belum diizinkan.

“KASN tidak akan memberi izin kalau tidak ada anggaran (khusus untuk seleksi), lantaran dikhawatirkan menjadi pertanyaan terkait asal anggarannya, serta mencegah pendanaan dari sponsor atau dari pihak-pihak yang berpotensi memiliki kepentingan,” ujarnya.

Baca juga : Kasihan, Pegawai PT Condong Garut 4 Bulan tak Gajian

Rudy mengatakan, dalam seleksi jabatan sekda nanti, pihaknya selain membuka kesempatan untuk para pejabat di Kabupaten Garut yang memenuhi syarat, juga para ASN dari luar Garut yang memenuhi syarat dan kompetensinya.

“Pansel akan mengundang dari pejabat luar Kabupaten Garu, karena di Kabupaten Garut terbatas, yang memenuhi syarat ada 6 atau 7 orang,” terangnya. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.