Seluruh Aparat Desa di Cisewu Garut Siap Perangi Narkoba

10
ABADIKAN. Pengurus DPD PANNA Kabupaten Garut dan Camat Cisewu foto bersama di kantornya, Sabtu (13/10/18). Foto: Yana Taryana / Rakyat Garut

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CISEWU – Seluruh perangkat desa di Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut mencanangkan pemberantasan narkoba di wilayahnya. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan desa bersih dari peredaran narkoba.

“Seluruh warga desa di Cisewu sudah sepakat memerangi narkoba. Karen kami ingin desa-desa di sini (Cisewu Garut) bersih dari narkoba,” ujar Camat Cisewu Doni Rukmana SPd kepada wartawan, Sabtu (13/10).

Menurut dia, pencanangan desa bersih dari narkoba ini sejalan dengan program kecamatan maupun pemerintah daerah dan pusat. Yaitu menangkal peredaran narkoba, terutama di pedesaan.

“Kami ingin semua desa yang ada di daerah bersih dari narkoba,” terangnya.

Doni berpendapat, bahwa peredaran narkoba saat ini tak hanya di wilayah perkotaan, melainkan sudah masuk ke pedesaan. Sehingga, diperlukan ketahanan yang kuat dari desa untuk menangkal ancaman tersebut.

“Dengan adanya pencanangan desa bersih narkoba ini, agar warga desa mampu memiliki daya tangkal yang kuat terhadap peredaran narkoba. Kita komitmen dalam perang melawan narkoba,” paparnya.

Dia mengatakan, Kecamatan Cisewu merupakan perlintasan dari berbagai kabupaten, seperti Bandung, Cianjur dan Tasikmalaya. Tingginya mobilitas arus lalu lintas terkadang membuat jalur selatan ini mengalami kemacetan hingga puluhan kilometer.

Jika sudah demikian, kata Doni, tidak menutup kemungkinan akses pengiriman barang haram ke daerahnya menjadi sasaran peredaran narkoba.

Untuk mewujudkan pencanangan tersebut, tambah dia, pihaknya bekerjasama dengan Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA) Kabupaten Garut, dalam melakukam sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami gandeng PANNA karena lembaga ini merupakan bidangnya dalam pemberantasan narkoba,” imbuhnya.

Ketua DPD PANNA Garut, Igie N Rukmana SKom, mengapresiasi dan menyambut baik pencanangan desa bebas narkoba.

Menurutnya, langkah ini merupakan salah satu komitmen daerah Cisewu dalam upaya melaksanakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Hal ini adalah bentuk nyata dan kesungguhan seluruh komitmen anak bangsa untuk aktif dalam mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” katanya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.