Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.1%

0.9%

60%

2.4%

0.2%

4.5%

20.1%

11.7%

0%

0.1%

0%

Seluruh Kendaraan Harus Layak Jalan, Jumlah Penumpang Diprediksi Naik 20%

21
0
RAMP CHECK. Kapolres mengecek bus di Terminal Guntur Kamis (19/12). Yana Taryana / Rakyat Garut

TAROGONG KIDUL – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut dan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Garut kembali melakukan pengecekan kelaikan kendaraan (ramp check) di Terminal Guntur Kamis (19/12). Mereka memeriksa bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP).

Kepala Terminal Guntur Sofyan Hidayat mengatakan pemeriksaan kendaraan dilakukan untuk memastikan kelaikannya sebelum beroperasi menarik penumpang, khususnya pada saat libur Natal dan Tahun Baru. “Kami ingin seluruh kendaraan layak jalan. Karena yang dibawa itu orang bukan barang,” ujarnya.

Ada tiga pengecekan yang dilakukan pada ramp check. Selain pengecekan kendaraan, petugas juga mengecek kesehatan sopir dan kernet bus serta melaksanakan sosialisasi keselamatan kepada para pengemudi. “Tujuannya berkelamatan secara keseluruham. Semua sehat dan selamat,” katanya.

Dalam pengecekan kesehatan, sopir dan kernet bus diambil sampel darah dan urine. Tujuannya, mengantisipasi penggunaan alkohol dan narkotika. Jika ditemukan pengemudi yang positif narkotika dan alkohol, kendaraan tidak akan diberangkatkan. “Sampai saat ini belum ditemukan pengemudi yang positif alkohol atau narkotika,” katanya.

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut Roro Rohendi mengatakan selain mengecek darah dan urine, pihaknya juga mengecek tensi, gula darah dan amfetamin. Hal itu dinilai sangat berpengaruh pada kondisi sopir saat mengemudikan kendaraan.

Apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum akan meningkat. “Kita harus pastikan sopir dan kenek dalam keadaan fit dalam membawa penumpang. Misalnya, ada sopir yang minum-minuman keras, akan ketahuan. Kalau ditemukan, kita teruskan ke PO Bus,” ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini tak ditemukan sopir positif narkotika sejak dilakukannya pemeriksaan rutin kesehatan menjelang hari raya dari 2017. “Kita biasa melakukan pemeriksaan jelang hari besar,” kata dia.

Roro mengimbau sopir dan kernet tak mengonsumsi alkohol atau pun narkotika. Selain itu, pengemudi juga harus menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Sopir juga harus menjaga pola istirahat.

Menurut dia, tiga hal itu sangat memengaruhi tingkat konsentrasi dalam membawa kendaraan. “Kalau sudah capek, istirahat. Jangan memaksakan untuk terus bekerja,” ujar dia.

Kepala Dishub Kabupaten Garut Suherman mengaku memiliki kewajiban untuk mengecek kendaraan, baik AKDP atau AKAP. Hingga saat ini, lanjut dia, seluruh bus di Terminal Guntur dalam kondisi laik beroperasi. Termasuk para sopir dan kernetnya dalam kondisi baik, mulai kelengkapan surat-surat dan kesehatan.

Ia menyebutkan Terminal Guntur memiliki armada sekitar 120 bus dan 87 elf. Seluruh kondisi bus dalam keadaan baik. Namun, pada Rabu (18/12) Dishub sempat melarang dua unit elf beroperasi lantaran dinilai tak layak jalan. “Satu unit remnya tidak optimal dan satunya surat-suratnya mati. Kita perintahkan mereka untuk memperbaiki terlebih dahulu sebelum dioperasikan kembali,” kata dia.

Suherman memprediksi, jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi bus atau elf selama musim libur Natal dan Tahun Baru akan meningkat 20 persen dari rata-rata per harinya. Karena itu, kesehatan para sopir juga harus dipastikan siap berkendara.

Pemeriksaan kesehatan sopir dan kelaikan kendaraan akan terus dilakukan hingga 2 Januari 2020. “Mudah-mudahan semua lancar,” kata dia.

Selain memeriksa kesiapan sopir dan kendaraan angkutan, Dishub juga telah menyiapkan posko Natal dan Tahun Baru di beberapa lokasi. Posko itu berada di jalur mudik dan jalur menuju tempat wisata.

Suherman mengimbau pengguna kendaraan pribadi dan bus pariwisata yang berencana mengunjungi tempat wisata di Garut, memastikan kendarannya siap. Pasalnya, kontur jalan di Kabupaten Garut umumnya berupa tanjakan dan turunan. (yna)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.