Seluruh Pasar di Garut Akan Direvitalisasi

40
0
dr Helmi Budiman Wakil Bupati Garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan melakukan revitalisasi seluruh pasar di Kabupaten Garut. Hal itu dilakukan supaya masyarakat berbelanja di pasar merasa aman dan nyaman.

“Saat ini sudah ada beberapa pasar yang direvitalisasi. Target kami seluruh pasar di Garut, termasuk Pasar Ciawitali,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman kepada wartawan Kamis (21/11).

Dia menerangkan dengan revitalisasi pasar tradisional, maka keamanan dan kenyamanan pasar juga akan terjaga. Selain itu potensi kebakaran juga bisa diminimalisir. “Kita juga belum tahu penyebab pasti kebakaran di Pasar Ciawitali dari apa, apakah dari listrik atau dari apa. Tapi kalau pasarnya direvitalisasi kejadian ini bisa diminimalisir,” ujarnya.

Namun untuk revitalisasi Pasar Ciawitali, pemkab mendapatkan kesulitan. Pasalnya warga pasar tidak mau direvitalisasi. “Pedagangnya maunya seperti itu, tidak mau direvitalisasi. Jadi kami juga tidak bisa berbuat apa-apa,” ujarnya.

Helmi mengakui kondisi Pasar Ciawitali kumuh dan tidak nyaman untuk berbelanja. “Bangunannya juga tidak tertata, jadi rawan kebakaran,” katanya.

Yang dilakukan pemerintah dalam penanganan Pasar Ciawitali, kata dia, yakni hanya membantu memperbaiki kios yang sudah lapuk dan rusak seperti kejadian kebakaran. “Paling itu saja yang dilakukan, karena revitalisasi belum bisa dilakukan di Pasar Ciawitali,” kata dia.

Mengantisipasi kebakaran, pihaknya hanya bisa memberikan imbauan untuk selalu waspada dan hati-hati. “Penanganannya dengan preventif saja, karena kondisi pasarnya juga seperti itu. Paling kita imbau kepada petugas pemadam kebakaran untuk meningkat kewaspadaan, karena lokasinya (kantor Dinas Damkar) dekat pasar,” ujarnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.