Semalam, Tasik Diguncang Gempa

269

TASIK – Warga Tasikmalaya dan sekitarnya semalam dikagetkan guncangan gempa sekitar pukul 22.04. Gempa berkekuatan magnitudo 4,8 skala richter (SR) tersebut berpusat di jarak 62 KM barat daya Kabupaten Tasikmalaya.

Informasi soal gempa ini juga dicuitkan oleh Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter-nya. Sutopo mengatakan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan dirasakan ringan oleh masyarakat sekitar.

“Gempa dirasakan ringan oleh masyarakat sekitarnya. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan. Tidak berpotensi tsunami. BPBD masih melakukan pemantauan,” tulis Sutopo di akun Twitter-nya @Sutopo_PN.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya Ria Supriatna menegaskan gempa yang terjadi di koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT pada kedalaman 21 kilometer itu tidak berpotensi tsunami. “Informasi yang kami terima dari BMKG tidak berpotensi tsunami, namun tetap harus waspada,” ujarnya kepada Radar.

Menurut dia, kondisi wilayah pesisir Pantai Cipatujah kondusif, tidak ada yang mengungsi atau berlarian menyelamatkan diri saat gempa terjadi. “Karena getarannya hanya terasa beberapa detik,” ungkapnya.

Koordinator Relawan BPBD Kecamatan Cipatujah Rahmat Saputra mengatakan gempa sangat terasa di wilayah pesisir Pantai Cipatujah. Bahkan beberapa masyarakat yang kondisi rumahnya dekat dengan pantai, sedikit panik dan keluar rumah. “Saat ini mereka sudah kembali kerumahnya, mereka hanya kaget,” ujar dia.

Dia mengungkapkan pasca gempa kondisi air laut tidak ada perubahan, pasang seperti hari biasanya. Untuk kerusakan rumah akibat gempa saat ini, belum menerima laporan. “Kerusakan rumah akan kami pantau terus,” tandasnya.

Manajer Pusdalops BPBD Kota Tasikmalaya Harisman mengatakan belum menerima laporan kerusakan dampak gempa. Namun demikian pihaknya masih memonitor dengan menyerap informasi di lapangan. “Masih dimonitor.” ungkapnya.Salah seorang warga yang sedang berada di kawasan Cipatujah, Husni Mubarok mengaku getaran gempa cukup terasa. Tetapi tidak mengakibatkan kerusakan terhadap bangunan-bangunan. “Masih aman-aman saja,” pungkasnya.

Dari situs resmi BMKG disebutkan gempa terjadi Senin (7/1/2019) pukul 22.04 WIB. Titik koordinat gempa berada di 8,15 Lintang Selatan dan 107,88 Bujur Timur.

Kedalaman gempa tercatat 21 kilometer. Getaran terasa dengan skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity) di sejumlah wilayah, seperti Sukabumi, Garut, dan Ciamis. (ujg/rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.